Di Kepulauan Seribu, hanya ada dua pulau yang menyelenggarakan UN, yaitu Pulau Pramuka dan Pulau Tidung
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyampaikan naskah Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMK akan dikirim langsung dari Surabaya melalui jalur darat pada 12 April, sehingga diperkirakan tiba di Jakarta pada 13 April.

"Naskah ini dikirim langsung dari Surabaya karena pemenang tender pencetakan naskah UN tahun ajaran 2012/2013 adalah PT Temprina Media Grafika yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Hari Sabtu (13/4) naskah UN baru sampai di Jakarta," kata Kepala Disdik DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto di Jakarta, Kamis.

Setelah sampai di Jakarta, sambung Taufik, naskah UN akan diterima oleh lima universitas yang telah ditunjuk oleh Disdik DKI sebagai penanggung jawab di masing-masing wilayah ibukota.

Kelima universitas tersebut, antara lain Universitas Indonesia (UI) untuk wilayah Jakarta Pusat, Universitas Jayabaya untuk Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Universitas Tarumanegara untuk Jakarta Barat, Universitas Pancasila untuk Jakarta Selatan, serta Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk Jakarta Timur.

"Setelah naskah UN tiba di Jakarta dan diterima oleh kelima universitas tersebut, selanjutnya naskah UN itu akan langsung didistribusikan ke 28 rayon yang tersebar di lima wilayah," ujar Taufik.

Untuk penyebaran naskah UN ke rayon, Disdik DKI menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Menurut Taufik, hal tersebut dilakukan untuk menjaga kerahasiaan karena naskah UN merupakan dokumen negara.

Sementara itu, naskah UN untuk Kepulauan Seribu akan dikirim satu hari sebelum pelaksanaan UN, yaitu pada 14 April. Naskah akan diantar oleh petugas dari Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Pelabuhan Marina Ancol, Jakarta Utara.

"Kemudian, naskah tersebut akan disimpan di Pulau Pramuka karena merupakan sub rayon. Di Kepulauan Seribu, hanya ada dua pulau yang menyelenggarakan UN, yaitu Pulau Pramuka dan Pulau Tidung," ungkap Taufik.

Taufik menambahkan di Kepulauan Seribu, UN hanya akan diselenggarakan di dua sekolah, yakni SMA 61 di Pulau Pramuka dan SMK 69 di Pulau Tidung.

UN tingkat SMA dan SMK akan digelar selama empat hari, yaitu pada 15-18 April. Sedangkan, kelulusan diumumkan pada 24 Mei 2013. Di seluruh wilayah DKI, jumlah peserta UN tercatat sebanyak 127.000 siswa yang berasal dari 1.079 sekolah, yaitu 499 SMA dan 580 SMK.

Sementara itu, pelaksanaan UN Paket C 2013 dilaksanakan pada sore hari setelah UN sekolah reguler selesai dilaksanakan. Untuk peserta didik inklusif, disediakan naskah UN menggunakan huruf braille. Berdasarkan catatan Disdik DKI, terdapat tiga siswa tuna netra yang akan melaksanakan UN. Satu siswa di antaranya menjalankan UN di SMA Negeri 112 Jakarta dan dua lainnya di SMA Negeri 66 Jakarta.

Pewarta: Rr. Cornea Khairani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013