Diharapkan para mahasiswa baru dan menjadi kebanggaan almamater Fakultas Vokasi,
Makassar (ANTARA) - Fakultas Vokasi Universitas Hassanudin (Unhas) Makassar menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dengan kuliah tamu meghadrikan mantan Direktur Jendral Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbudristek Wikan Sakarinto MSc Ph.

Dekan Fakultas Vokasi Unhas Prof Ir Muh Restu MP, dalam taklimat media di Makassar, Sulsel, Rabu, berpesan agar mahasiswa mempunyai semangat besar dan menggunakan kesempatan mengembangkan diri dalam mengenyam Pendidikan Vokasi.

Pendidikan Vokasi, kata dia, adalah pendidikan yang menuntut untuk menghasilkan inovasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang akan dihadapi.

"Dengan adanya perkembangan dunia, kita harus mampu beradaptasi dengan setiap perkembangan yang terjadi dan menyerap ilmu dengan baik sehingga diharapkan nantinya kita dapat menghadapi perkembangan dan tantangan di masa depan.” katanya.

Ia berharap agar mahasiswa baru bisa mengeksplorasi minat dan bakat yang dimiliki melalui berbagai perlombaan dan program di Unhas sebagai bagian dari proses peningkatan kualitas mahasiswa.

"Diharapkan para mahasiswa baru dan menjadi kebanggaan almamater Fakultas Vokasi," kata Muh Restu.

Sementara itu, Wikan Sakarinto yang merupakan Dirjen Diksi 2020-2022 dalam kuliahnya memaparkan mengenai tema Growth Mindset & Leadership “Mencetak Generasi Muda Kreatif, Adaptif, Kompetitif dan Responsif Menuju Indonesia Emas".

Dirinya memberikan banyak sekali arahan kepada mahasiswa Fakultas Vokasi Unhas tentang bagaimana menjadi generasi muda kreatif, adaptif, kompetitif dan responsif dalam menghadapi masa depan. Penjelasan yang beliau berikan sangat jelas dan dikupas satu persatu dalam bentuk contoh, sehingga materi juga bisa diterima dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan pameran produk Fakultas Vokasi Unhas, kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon Bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan Direktur Jendral Pendidikan Vokasi 2020-2022 di halaman Fakultas Vokasi Unhas.

Pohon yang ditanam yaitu pohon Nyatoh. pohon Nyatoh disebut dengan pohon Nagasari. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis kayu dari tumbuhan tropis yang penyebarannya cukup besar di wilayah Indonesia.

Baca juga: Unhas Makassar buka pendidikan tinggi vokasi di Dompu NTB

Baca juga: Wakil Bupati berharap kehadiran kampus Unhas di Selayar dorong IPM

Baca juga: Mahasiswa vokasi kesehatan Asmat praktik klinik di Makassar

Baca juga: Vokasi teknologi pakan ternak-wisata bahari disiapkan Unhas di Barru

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023