Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menyelenggarakan ​bazar produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Jakpreneur
​​​​​​dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 RI.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada 16-17 Agustus 2023 di Parkir Timur Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

"Bazar ini (Jakpreneur) diikuti oleh 50 pelaku UMKM dari seluruh kecamatan di Jakarta Barat," ungkap Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid pada Rabu.

Iqbal menyebutkan, produk UMKM yang dihadirkan dalam bazar tersebut berupa aneka produk unggulan jenis kuliner, fesyen, asesoris dan aneka produk lainnya. "Berbagai jenis UMKM, seperti kuliner, fesyen asesoris dan lainnya," kata Iqbal.

Iqbal menuturkan bahwa pihaknya menerapkan beberapa standar bagi para pelaku UMKM untuk dapat mengikuti bazar tingkat Kota Jakarta Barat.

Beberapa standar tersebut, kata Iqbal, adalah telah terdaftar sebagai anggota Jakpreneur DKI Jakarta, memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), memiliki sertifikasi halal, menerapkan "Quick Response Code Indonesian Standard" (QRIS) dalam proses transaksi, memiliki rekening Bank DKI dan terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

"Dari beberapa standar itu, 70 persen dari pelaku UMKM yang ikut bazar hari ini sudah memenuhinya. Sementara 30 persen yang lainnya masih dalam proses melengkapi," kata Iqbal

Terhitung hingga Sabtu (3/7), sebanyak 4.300 UMKM binaan Jakpreneur di Jakarta Barat (Jakbar) sudah menerapkan QRIS pada transaksi jual-beli mereka.
Baca juga: Pemkot Jakbar minta pelaku UMKM jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan
Baca juga: Pemkot Jakbar harapkan UMKM lakukan digitalisasi pembayaran

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023