Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat meminta pelaku UMKM di wilayah tersebut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, apalagi iuran bulanannya sangat ringan.

"Kemarin, kami sudah menghadirkan pihak BPJS Jakarta Barat untuk memberikan sosialisasi terkait pemahaman mengenai manfaat," kata Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid saat ditemui wartawan di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat.

Sosialisasi juga menyangkut layanan dan perlindungan yang akan dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Dia mengatakan, iuran BPJS Ketenagakerjaan mandiri binaan Jakpreneur sebesar Rp16.500 per bulan.

Baca juga: Disnakertrans DKI daftarkan 235 portir Stasiun Gambir peserta BPJS-TK

Pada sosialisasi itu, pihaknya juga menghadirkan 43 koordinator lokasi binaan (lokbin) dan lokasi sementara (loksem) untuk kemudian menyebarkan materi sosialisasi tersebut ke lokbin dan loksemnya masing-masing.

"Kami juga mengumpulkan para koordinator dari empat lokbin dan 39 loksem untuk mendapatkan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan ini kepada lokbin dan loksemnya masing-masing," katanya.

Dia berharap semua program yang disosialisasikan bisa diikuti agar pelaku UMKM binaan Suku Dinas (Sudin) PPKUKM Jakarta Barat bisa terlindungi BPJS Jakarta Barat.

"Program ini sudah memang seharusnya dilakukan. Pelaku UMKM itu harus terlindungi BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 10 Tahun 2015 tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL)," ungkap dia.

Baca juga: Marullah Matali berharap pekerja informal gabung BPJS Ketenagakerjaan

Ia mengatakan bahwa iuran Rp16.500 itu berarti sekitar Rp550 per hari.

"Kalau beli rokok kan bisa sampai Rp30 ribu satu bungkus. Iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk pelaku Jakpreneur itu hanya Rp16.500 per bulan," ungkapnya.

Setiap tiga bulan, pihaknya akan memantau ketercapaian BPJS Ketenagakerjaan bagi pelaku UMKM binaan Jakpreneur bersama Sudin PPKUKM Jakarta Barat.

"Program ini tidak dilakukan dengan percontohan, tetapi secara simultan melalui para koordinator lokbin dan loksem Jakpreneur binaan Sudin PPKUKM Jakarta Barat," katanya.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023