Jakarta (ANTARA) - Setelah dikabarkan bahwa seri iPhone 15 baru akan mengganti konektor Lightning dengan USB-C, sejumlah kalangan di ChargerLAB menggali lebih dalam dan mendapatkan beberapa foto eksklusif dari port yang mengungkapkan sesuatu tentang fitur tersebut.

Melansir Gsmarena, Rabu (16/8), iPhone 15 menurut laporan ChargerLAB memiliki chip Retimer, yang sering digunakan untuk merekonstruksi sinyal dan mengurangi jitter (ketidakstabilan) sinyal di perangkat yang mendukung Thunderbolt.

Penggunaan chip Retimer diprediksi sebagai pertanda bahwa iPhone yang akan datang akan mendukung Thunderbolt.

Namun demikian, ChargeLAB mengklarifikasi bahwa dukungan Thunderbolt mungkin terbatas pada iPhone 15 Pro dan Pro Max saja, yang mungkin menjadi masalah besar bagi beberapa pengguna yang mengandalkan transfer data cepat antar perangkat.

Sebagai perbandingan, port Lightning berbasis USB 2.0 memiliki kecepatan hingga 480 Mbps, sementara antarmuka Thunderbolt pada umumnya dapat mencapai 40 Gbps.

Selain itu, standar Thunderbolt mendukung input dan output daya yang lebih tinggi sehingga pengisian daya pada iPhone 15 nanti diperkirakan lebih cepat.

Baca juga: Bocoran spesifikasi iPhone SE 4 dilengkapi Face ID hingga USB C

Baca juga: iPhone 15 Pro akan lebih ramping dan gunakan port USB-C

Baca juga: Nothing Phone (2) akan dilengkapi kabel USB Type-C transparan


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023