Bagi kami Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, bagi seluruh warga dan masyarakat Kabupaten Pacitan, sangat membanggakan sekali
Pacitan, Jatim (ANTARA) - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampak hadir mengikuti upacara memperingati HUT ke-78 RI dan detik-detik pembacaan proklamasi di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis.

SBY tiba di Pendopo sekitar pukul 09.58 WIB didampingi dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

SBY duduk kursi kehormatan yang ada di barisan depan, berdampingan dengan Bupati Pacitan Indrata Nurbayuaji, yang ada di dalam bangunan pendopo. Sementara pelaksanaan upacara bendera digelar persis di halaman depannya.

Pada akhir upacara, SBY sempat menyapa para tamu undangan lain yang dilaluinya, sebelum beranjak meninggalkan lokasi upacara.

Baca juga: Presiden Jokowi kenakan baju adat Surakarta pada Upacara HUT ke-78 RI

"Selamat ulang tahun kemerdekaan untuk kita semua. Semoga Indonesia semakin maju dan sejahtera. Semoga juga Pacitan ke depan bisa melahirkan sumber daya manusia unggul, yang bisa berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan negeri tercinta kita ini," ucap SBY sembari menelangkupkan kedua telapak tangan di depan dada diiringi kepala sedikit menunduk tanda hormat.

Kehadiran tokoh nasional kelahiran asli Pacitan ini pun tak pelak mendapat apresiasi masyarakat Pacitan.

Ini kesekian kali SBY mengikuti peringatan detik-detik proklamasi di Pacitan, ketimbang menghadiri upacara di Istana Negara.

Baca juga: Demokrat: SBY tak hadiri Sidang Tahunan MPR karena di Pacitan

Wakil Bupati Pacitan Gagarin Sumrambah mengekspresikan kebahagiaan masyarakat Pacitan atas kehadiran SBY pada penyelenggaraan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Pacitan.

"Dan ini tentu membanggakan sekali. Bagi kami Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, bagi seluruh warga dan masyarakat Kabupaten Pacitan, sangat membanggakan sekali. Mudah-mudahan (kehadiran beliau) membawa keberkahan bagi masyarakat dan Bumi Pacitan," katanya.

Kehadiran SBY ke Pacitan kali ini merupakan rangkaian persiapan peresmian Museum dan Galeri SBY*ANI.

Acara itu dijadwalkan pada Kamis (17/8) petang, sekitar pukul 19.00 WIB, di jalan lintas selatan, Kelurahan Sidoharjo, Kota Pacitan. Peresmian museum itu akan dihadiri lebih dari 1.000 tamu.

Baca juga: Museum dan Galeri SBY*ANI diresmikan 17 Agustus 2023


 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023