Jakarta (ANTARA) - Operator seluler bagian dari Badan Usaha Milik Negara Telkom Group Telkomsel, memaknai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 dengan terus berupaya sebagai penggerak yang mendorong pertumbuhan ekosistem digital yang lebih inklusif.

"Dalam menghadapi tantangan masa depan, kami akan terus menghadirkan solusi layanan telekomunikasi terkini yang inovatif, dan mengambil peran terdepan dalam mewujudkan Indonesia Maju. Bersama seluruh elemen bangsa, mari kita bersatu, mengakeselerasikan kemajuan ekosistem digital di Indonesia," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Telkomsel saat ini menghadirkan konektivitas digital untuk 153 juta orang melalui 228 menara base transceiver station (BTS) yang tersebar di lebih dari 96 persen wilayah populasi Indonesia. Untuk memastikan jaringan telekomunikasi yang lebih merata, pertengahan tahun ini operator seluler tersebut menyelesaikan migrasi jaringan 3G ke 4G di 504 kabupaten dan kota di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel: cakupan jaringan 4G/LTE di Sumatra capai 96,5 persen

Telkomsel juga sudah menggelar 420 BTS dengan teknologi 5G hingga pertengahan 2023. Baru-baru ini mereka mengintegrasikan layanan IndiHome sehingga bisa menghadirkan layanan fixed mobile convergence (FMC) Telkomsel One yang memberikan produk lengkap dan berbagai nilai tambah.

Telkomsel memandang integrasi IndiHome sebagai capaian penting untuk memberikan pengalaman konektivitas digital yang lebih lengkap dan mulus serta internet yang andal.

Hendri mengatakan selain memastikan kontribusi perusahaan perusahaan dalam pemanfaatan teknologi dan layanan digital, Telkomsel juga menggandeng pemangku kepentingan untuk berperan mendorong peningkatan talenta digital. Selama beberapa tahun terakhir, Telkomsel mengadakan sejumlah program, antara lain InternetBAIK untuk membangun ekosistem dan literasi digital yang positif; dan IndonesiaNEXT untuk pengembangan keahlian digital talenta muda.

Melalui program NextDEV, Telkomsel berupaya memperkuat sektor startup digital dengan memberikan pendampingan, sementara Digital Creative Entrepreneur menjadi program mereka untuk inkubasi wirausahawan lokal, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan Telkomsel mendorong peningkatan konsumsi layanan data hingga 11 persen tiap pelanggan. Bisnis digital Telkomsel tumbuh lebih dari 7 persen (YoY) dan berkontribusi terhadap lebih dari 85 persen dari total pendapatan perusahaan hingga pertengahan tahun.

Baca juga: Telkomsel raih angka tinggi soal kecepatan internet

Baca juga: Jelang 17 Agustus, operator seluler gelar promo paket internet

Baca juga: Batang optimalisasikan jaringan telekomunikasi di wilayah tanpa sinyal

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023