Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat peringatan HUT RI mengingatkan kalangan masyarakat Indonesia tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan untuk bisa keluar dari masa sulit, termasuk dalam meraih kemerdekaan di masa penjajahan.
 
"Kemarin kita berada di masa yang tidak mudah, masa di mana kita harus bersama-sama berjuang, taklukkan semua tantangan yang ada," kata Kapolri dalam video ucapan HUT Ke-78 RI yang dibagikan kepada wartawan di Jakarta, Kamis.
 
Jenderal bintang empat tu menyampaikan bahwa perbedaan dan keberagaman Indonesia bukan pemisah, tetapi terikat dalam satu tujuan untuk terus bergerak merajut persatuan dan kesatuan.
 
"Kita terlahir dengan keberagaman, kita berbeda namun terikat satu tujuan, kita tidak sama tapi terus bergerak bersama melangkah terus merajut persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Baca juga: Presiden pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada HUT RI
Baca juga: Presiden Jokowi kenakan baju adat Surakarta pada Upacara HUT ke-78 RI
 
Mantan Kabareskrim Polri itu mengingatkan segala perjuangan yang dilakukan bersama tujuannya semata untuk Negara Republik Indonesia (NKRI).
 
"Jiwa raga ini untuk NKRI, satu rasa saling memiliki, saling bergandengan tangan berjuang untuk kemajuan," kata Sigit.
 
Sigit mengajak seluruh masyarakat untuk terus semangat berjuang memajukan Indonesia Raya.
 
"Berlarilah terus berlari, biarkan merah kobarkan semangat perjuangan dalam darah. Biarkan putih, bergelora dalam sanubari membawa kedamaian untuk Ibu Pertiwi," kata Sigit.
 
Kapolri bersama Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto turut hadir mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara.
 
Sementara di tingkat Mabes Polri dilaksanakan Upacara HUT Ke-78 RI yang dipimpin Irwasum Komjen Pol. Ahmad Dofiri diikuti seluruh pejabat utama Polri serta personel kepolisian.
 
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023