Banda Aceh (ANTARA) - Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Leuser Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh mengibarkan bendera merah putih raksasa berukuran 30x15 meter di tebing Gunung Batee Sireuk, Calang, Kabupaten Aceh Jaya pada HUT Ke-78 RI.

"Alhamdulillah, setelah perjuangan yang luar biasa oleh tim Mapala USK bendera raksasa tersebut berhasil dikibarkan, butuh waktu delapan jam, mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB," kata Panitia Pengibaran Bendera Merah Putih Abdo Rani, di Aceh Jaya, Kamis.

Abdo menyampaikan bahwa dalam upaya pengibaran bendera merah putih ini mereka menemui banyak kendala, selain tebing yang sangat terjal.

Baca juga: Mahasiswa USK kibarkan bendera Merah Putih di bawah laut Aceh Besar

"Selain tebing yang terjal, kendala lainnya adalah cukup banyak pohon dan batang kayu di sekitar lokasi, ditambah bobot bendera yang cukup berat mencapai 70 kilogram," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Ekspedisi Merah Putih Novita mengatakan bahwa ekspedisi merah putih yang digagas Mapala Leuser USK itu digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-78 RI.

Pendaki Mapala Leuser USK melakukan aksi tersebut juga sebagai persembahan anak Aceh Jaya.

Baca juga: Pencinta hewan kibarkan bendera Merah Putih di KM 0 Banda Aceh

"Ada sembilan orang rekan kita yang mengibarkan bendera merah putih raksasa tersebut dari angkatan muda Mapala Leuser, dan ini tantangan tingkat tinggi," kata Novita.

Ia mengakui medan di lereng Gunung Batee Sireuk cukup menantang, selain lembab, ketinggian tebing mencapai 80 meter.

Selain itu, menurut dia, jalan untuk mencapai puncak gunung tersebut termasuk ekstrem karena jalur terlalu vertikal, tetapi masih bisa dilalui dengan aman, hanya saja butuh kehati-hatian dan antisipasi dengan baik.

Baca juga: Gubernur Aceh: Jadikan peringatan HUT RI momentum introspeksi diri

"Oleh karena itu, kita sudah analisa seakurat mungkin dan punya rencana alternatif untuk menaklukkan medan ekstrem, sehingga bendera merah putih berhasil kita kibarkan," kata Novita.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023