Para pedagang minyak menyukai fakta bahwa China tidak akan mentolerir pelemahan dalam aktivitas ekonomi.
Houston (ANTARA) - Harga minyak menguat pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), setelah jatuh selama tiga sesi berturut-turut, karena dolar melemah dan bank sentral China berusaha untuk meningkatkan pasar properti dan ekonomi yang lebih luas. Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober terangkat 67 sen atau 0,8 persen, menjadi menetap pada 84,12 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September meningkat 1,01 dolar AS atau 1,3 persen menjadi ditutup pada 80,93 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Baca juga: Minyak datar di Asia di tengah kekhawatiran China dan suku bunga AS

Harga minyak turun lebih dari 1,5 persen di sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran tentang ekonomi China yang kesulitan dan potensi kenaikan suku bunga AS lebih lanjut.

Bank sentral China mengatakan akan menjaga likuiditas cukup dan mempertahankan kebijakan yang "tepat dan kuat" untuk mendukung pemulihan ekonomi melawan hambatan.

"Para pedagang minyak menyukai fakta bahwa China tidak akan mentolerir pelemahan dalam aktivitas ekonomi," kata Naeem Aslam dari Zaye Capital Markets.

Indeks dolar turun dari level tertinggi dua bulan sehari setelah risalah rapat Federal Reserve membiarkan pintu terbuka untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut dan data minggu ini menunjukkan ekonomi AS yang tangguh.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya pinjaman, yang dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.

Baca juga: Minyak turun di awal Asia tertekan pertumbuhan China yang lebih lemah

Pada catatan bullish, China membuat penarikan langka pada persediaan minyak mentah pada Juli, pertama kalinya dalam 33 bulan persediaannya mencatat penurunan.

Data yang dirilis pada Rabu (16/8/2023) menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS turun hampir 6 juta barel minggu lalu karena ekspor yang kuat dan tingkat penyulingan meningkat.

Namun stok bensin AS turun ke level terendah dalam lebih dari dua bulan, data Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan pada Rabu (16/8/2023). Pasokan produk mingguan, proksi untuk permintaan, naik ke level tertinggi sejak Desember.

"Permintaan perjalanan tetap kuat," kata Dennis Kissler, wakil presiden senior perdagangan di BOK Financial. Permintaan perjalanan biasanya berkurang setelah liburan Hari Kemerdekaan AS pada 4 Juli.

Minyak sepertinya akan menemukan rumah di sekitar level 80 dolar AS karena terlalu banyak risiko terhadap prospek ekonomi makro yang masih ada, kata analis OANDA, Edward Moya.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023