Kudus (ANTARA News) - PT Pura Group Kudus bekerja sama dengan PT Pos distribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk SMA, MA, dan SMK ke empat provinsi di Tanah Air.

"Keempat provinsi tersebut, yakni Jambi, Bengkulu, Yogyakarta, dan Jawa Tengah," kata Manager General Affair PT Pura Kudus Iwan Wijaya melalui staf Humasnya, Hamidin, di Kudus, Jumat.

Ia mengatakan, pendistribusian naskah soal UN hari ini (12/4) merupakan pendistribusian terakhir, setelah sebelumnya sudah mendistribusikan terlebih dahulu ke dua provinsi.

Kedua provinsi tersebut, yakni Provinsi Jambi dan Bengkulu.

Pengiriman ke Provinsi Jambi, katanya, dimulai pada 6 April 2013 melalui transportasi darat, sedangkan ke Provinsi Bengkulu pada 8 April 2013 melalui transportasi udara.

Sedangkan pengiriman naskah soal UN untuk Provinsi Yogyakarta dan Jateng dikirim mulai hari ini (12/4) lewat transportasi darat.

"Khusus untuk Provinsi Jateng, dimulai pukul 24.00 WIB untuk didistribusikan ke 35 kabupaten/kota," ujarnya.

Adapun jumlah naskah soal UN untuk wilayah Jateng, katanya, mencapai 2.011.270 set untuk semua mata pelajaran yang diujikan untuk SMA, SMK, paket C dan SMA Luar Biasa.

Sedangkan untuk tiga provinsi lainnya, diperkirakan mencapai 626.193 set lebih.

Pengawasan cetak naskah soal, katanya, dilakukan ekstra ketat dengan melibatkan personel polisi maupun petugas keamanan dari perusahaan yang jumlahnya mencapai 975 personel.

"Perusahaan juga menerapkan aturan yang cukup ketat terhadap semua karyawan yang bertugas di bagian cetak naskah soal," ujarnya.

Di antaranya, kata dia, semua karyawan diwajibkan mengenakan pakaian tanpa kantong yang dilengkapi dengan kartu pengenal khusus.

Karyawan juga dilarang membawa alat tulis, alat komunikasi, dan kamera.

"Di setiap titik, juga tersedia kamera CCTV (closed circuit television) guna mempermudah pengamanan maupun pengawasan selama proses cetak," ujarnya.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013