Nunukan, Kalimantan Utara (ANTARA) -- Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Karjono Atmoharsono menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Nyamuk, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis.

Mengenakan pakaian adat Bugis dengan nuansa merah keemasan, Karjono menyampaikan visi penting mengenai perkembangan ekonomi di kawasan PLBN. 

"PLBN harus menjadi episentrum perkembangan ekonomi. Kita harus menjadikan PLBN sebagai pintu ekspor nasional untuk membanjiri negara tetangga dengan komoditas ekspor kita," ujarnya

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintahan dan aparat negara yang menjaga dan membangun perbatasan. "Atas dedikasinya menjaga dan membangun perbatasan negara secara gotong royong," ujarnya, sambil mengucapkan terima kasih yang tulus atas upaya mereka.

Di kesempatan yang sama Alumni Universitas Padjajaran itu juga memberikan penghargaan kepada Siswa-Siswi SMA 1 Sebatik dan SMA Taruna Sebatik Utara yang merupakan Paskibraka terbaik dalam mengibarkan Sang Merah Putih di PLBN Sei Nyamuk.

“Semoga Adik-Adik Paskibraka tetap semangat mengejar cita – cita dan selalu mencintai NKRI,” ujarnya.

Selain itu Waka BPIP, Ketua DPRP, dan Dinas Perbatasan juga memberikan sertifikat dan penghargaan kepada tiga desa mandiri atau tiga desa Pancasila yang terpilih melalui seleksi diwilayah Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. 

Selanjutnya dilanjutkan kunjungan ke pasar murah yang diselenggarakan kerjasama Badan Pangan Nasional, dan BPIP juga berperan aktif dalam mendukung pasar murah melalui santunan di pasar murah.
 
Dari upacara bendera yang berjalan dengan lancar dan suksess hingga penghargaan dan kunjungan bermakna, perayaan ini menjadi momentum yang sangat berarti bagi masyarakat di perbatasan untuk memelihara nilai-nilai pancasila melalui Gotong Royong dan menjaga persatuan serta mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa. Dalam suasana penuh semangat, PLBN Sei Nyamuk menceritakan cerita kebersamaan yang menginspirasi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023