membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria
Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV Hasanudin Mayjen TNI Totok Imam Santoso berharap kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Terpusat di Lapangan Belneg Rindam XIV/Hasanuddin, Kabupaten, Gowa, akan melahirkan pemuda ksatria yang cinta Tanah Air.

"Yang utama kegiatan ini, melahirkan pemuda ksatria serta memiliki rasa cinta Tanah Air air yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika dengan semangat bela negara," kata Pangdam pada sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Persada Alam

Pangdammengungkapkan bahwa tujuan kegiatan Kemah Pramuka SWK bersifat aktif, kreatif, inovatif, dan edukasi sehingga dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan serta rasa persaudaraan dan persatuan anggota pramuka Saka Wira Kartika.

"Kegiatan itu juga dimaksudkan untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria," katanya.

Baca juga: Kodim Kendari utus lima orang pramuka ikut Perkemahan KBN Tri Matra
Baca juga: Bupati Gowa: Pramuka dapat bantu ciptakan SDM unggul


Lebih lanjut Kolonel Inf Persada Alam menerangkan perkemahan yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari peraturan bersama Kasad dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang akan dilaksanakan selama 2 hari.

Di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin diikuti oleh 3 Kontingen anggota pramuka SWK binaan Kodim 1408/Makassar, Kodim 1409/Gowa dan Kodim 1422/Maros, dengan total peserta sebanyak 120 orang.

Adapun materi-materi kegiatan yang akan diberikan dalam kegiatan perkemahan ini, meliputi pengetahuan dasar Kepramukaan, Praktek 5 Krida Saka Wira Kartika, Outbond, Api Unggun dan Karya Bakti dengan metode yang digunakan melalui ceramah, diskusi, dialog, tanya jawab, keterampilan dan ketangkasan.

Aster Kasdam berharap kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga sasaran yang diinginkan dalam kegiatan perkemahan ini dapat terealisasi secara maksimal.

Baca juga: Wapres yakini Gerakan Pramuka mampu cetak pemimpin bangsa
Baca juga: Wagub Kalteng: Pramuka sarana pembentukan karakter pemuda
Baca juga: Bone Bolango gelar temu penggalang peringatan HUT Pramuka

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023