Jayapura (ANTARA) - Kepala Staf TNI-AD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman menyatakan, atlet bola voli dan sepak bola Papua yang klubnya menjadi juara satu dan dua diberi kesempatan untuk menjadi anggota TNI-AD melalui pendidikan bintara (secaba) .

"Silakan mendaftarkan diri dan mereka langsung diterima tanpa mengikuti tes," tegas KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman seusai menutup pelaksanaan berbagai lomba yang dilaksanakan Kodam XVII /Cenderawasih dalam rangka HUT RI ke 78 di Jayapura.

Dikatakan, peluang ini diberikan kepada atlet berprestasi baik itu sepak bola maupun bola voli termasuk atlet bola voli putri.

Walaupun demikian sebelum masuk pendidikan mereka terlebih dahulu akan dicek kesehatannya .

"Untuk atlet bola volly putri yang ingin jadi korps wanita TNI-AD (kowad) akan langsung dikirim ke Bandung agar dapat mengikuti pendidikan, " tegas Jenderal TNI Dudung.

Diakui, Papua merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak bibit unggul di bidang olahraga sehingga ke depan akan digalakkan pertandingan mulai dari tingkat kodim hingga kodam.

Dengan makin banyaknya pertandingan maka akan bermunculan atlet berprestasi dari Papua.

TNI-AD sendiri akan melaksanakan pertandingan sepak bola antarprovinsi dengan mengikuti sertakan juara-juara dari setiap provinsi, kata KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman.

KASAD yang didampingi Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Koorsahli Ksad Letjen TNI I Nyoman Chantiasa, Kapusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa dan sejumlah pejabat di lingkungan Mabes TNI-AD, dijadwalkan melakukan kunjungan kerjanya di Jayapura hingga Sabtu (19/8).

Dalam memperingati HUT RI ke 78, Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan turnamen sepak bola dan bola voli serta tari-tarian.

Baca juga: Freeport dan KONI sepakat lanjutkan kerja sama pembinaan atlet Papua
Baca juga: 10 atlet Papua perkuat tim Indonesia di SEA Games Kamboja

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023