Satu kabupaten atau kota umumnya dipimpin oleh satu tim dengan dua anggota masing-masing merupakan perwakilan Dinas Pendidikan dan Universitas Sriwijaya selaku panitia,"
Palembang (ANTARA News) - Soal ujian nasional mulai dikirim dari Palembang menuju 11 kabupaten dan empat kota di Sumatera Selatan yang diperkirakan sampai Sabtu (13/4) di wilayah rayon masing- masing, dan Kota Palembang pada Minggu (14/4).

Panitia Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat mewakili Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Bonny Sapriansyah di Palembang, Jumat, menjelaskan runutan pendistribusian soal UN.

Untuk pendistribusian di daerah ini pihaknya menyediakan tim bagi masing-masing daerah sub-rayon.

"Satu kabupaten atau kota umumnya dipimpin oleh satu tim dengan dua anggota masing-masing merupakan perwakilan Dinas Pendidikan dan Universitas Sriwijaya selaku panitia," jelasnya.

Selanjutnya, masing-masing dari kelima truk pengantar soal UN diiringi oleh tiga orang petugas termasuk pihak keamanan.

Pihaknya pun berharap soal ini dapat sampai tepat waktu, karena kerja sama tim antar kota dirasakan sudah terjalin dengan baik, katanya.

Panitia pendistribusian soal UN 2013, Zulkifli Dahlan dari Unsri, sebelumnya mengatakan bahwa sebanyak 1.396 kotak soal Ujian Nasional SMA dan sederajat siap didistribusikan ke 11 kabupaten dan empat kota di Sumatera Selatan.

"Sebanyak 1.396 kotak tersebut yang terdiri atas soal Ujian Nasional SMA dan sederajat, soal paket C, dan soal braile bagi peserta tuna netra sebelum didistribusikan diinapkan di tempat yang sangat tertutup bagi umum, katanya.

Ia menjelaskan, soal sendiri sudah tiba sejak hari Minggu malam (7/4) tepatnya pada pukul 20.00 WIB dari percetakan Jawa Timur.

"Ribuan kotak soal tersebut datang sekitar tiga kontainer namun tidak tahu pasti berapa koli per kotaknya," kata dia.

Pada tahun 2013 sejumlah 90.349 siswa SMA dan sederajat se-Sumatera Selatan akan mengikuti Ujian Nasional, 15 -- 18 April, dan UN susulan 22 -- 25 April 2013.

Sementara untuk paket C dilaksanakan dalam dua periode yaitu pada 15 - 18 April dan 1 -- 4 Juli 2013, katanya.***4***

(T.M033/B/Z002/Z002) 12-04-2013 23:34:29

Pewarta: Muhammad Suparni
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013