Jakarta (ANTARA) - Kepala tim Aston Martin Mike Krack mengatakan ingin segera memperbaiki performa timnya demi menjadi lebih kompetitif dan merebut podium pada paruh kedua musim 2023 dari Formula 1.

"Memang, memperbaiki mobil menjadi cukup rumit, karena kami mencoba menghadirkan peningkatan, tapi terkadang malah membuat 'efek samping' untuk performanya. Ini hanya dapat disadari ketika kita berada di balik kemudi," kata Krack seperti disiarkan laman resmi Formula 1, Sabtu.

Aston Martin mengejutkan banyak orang di akhir musim 2022 dan mengamankan setidaknya enam podium dari delapan balapan pembuka musim ini. Namun, performa mereka dinilai menurun sejak GP Kanada pada bulan Juni, dan pembalap utama mereka Fernando Alonso hanya mampu finis di posisi lima di Austria dan Belgia.

Krack pun mengaku setuju dengan penilaian Alonso bahwa setelah melihat peningkatan yang ditunjukkan Mercedes, McLaren, dan Ferrari, pebalap Spanyol itu menilai Aston Martin berada di peringkat kelima di grid dalam hal kecepatan mobil.

"Dan pada saat yang sama, kami mendapati beberapa pesaing kami membuat kemajuan besar dan ini menyebabkan jatuhnya (level) kami di grid. Dan kami memerlukan beberapa peristiwa untuk menganalisisnya, untuk memahaminya, dan untuk mencoba dan memperbaikinya," kata Krack.

Baca juga: Mercedes segera alihkan fokus untuk target juara di F1 2024

Untuk GP Belgia, Krack mengatakan tim telah menyematkan beberapa peningkatan di menit-menit terakhir dan hasilnya sedikit terlihat pada balapan. Ia pun ingin melanjutkan tren positif ini untuk GP Belanda mendatang.

"Kami akan mencoba meningkatkan mobil lebih jauh. Ada beberapa hal yang direncanakan untuk menaklukkan Sirkuit Zandvoort, dan kami perlu menutup celah itu lagi," ujar dia.

Ditanya apakah dia percaya timnya dapat membuat lompatan kembali menjadi tim tercepat kedua setelah aksi kembali terjadi setelah liburan musim panas, Krack mengaku cukup optimistis untuk membawa kemenangan.

"Ya. Maksud saya, dalam keadaan normal, mungkin itu terdengar sangat sulit dan ambisius. Tapi di sisi lain, celahnya sangat kecil. Kami telah melihat beberapa kekurangan kami, dan yang terpenting saat ini adalah memulihkannya dan mencoba sedikit lagi," jelas Krack.

Sementara itu, F1 kini masih berada di jeda musim panas. Putaran ke-14 musim ini akan bergulir di Sirkuit Zandvoort, Belanda, pada 25-27 Agustus.

Baca juga: Leclerc akui Ferrari ubah target setelah awal musim yang sulit

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023