Memang enak sekali rasanya"
Cipanas (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya mendemonstrasikan keahliannya memasak nasi goreng dengan resep rahasia ala SBY di hadapan para duta besar negara sahabat dalam diplomatic gathering di Istana Kepresidenan Cipanas, Sabtu.

Hasil masakannya kali ini akan dicicipi para diplomat dan keluarganya yang berjumlah sekitar 200 orang.

Berbaju batik lengan pendek warna merah, Presiden mula-mula mempersiapkan bumbu-bumbu seperti bawang, cabai merah dan hijau, garam, telur, minyak goreng dan nasi. Tak lupa ia juga menyiapkan penggorengan di atas tungku arang.

Ani Yudhoyono yang mengenakan baju lengan pendek warna merah dan bercelemek dengan gesit menghancurkan bumbu-bumbu tradisional.

Tak berapa lama kemudian, bumbu siap dan dimasukkan ke penggorengan. Keduanya`bergotong royong` mengolah bumbu dalam penggorengan.

Setelah harum bumbu tercium, nasi pun dimasukkan. Presiden juga memasukkan tiwul (makanan khas jawa dari singkong).

Selang berapa lama, setelah diaduk dalam penggorengan di atas tungku arang yang menyala, nasi siap disajikan. Para dubes pun dipersilakan mencicipi nasi goreng a la SBY. 

Menurut Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, nasi goreng ala Presiden ini lezat. "Memang enak sekali rasanya," katanya.

Namun sayang, sebelum sempat mencicipi para wartawan diminta kembali ke media centre.

Dalam diplomatic gathering ini setidaknya 90 dubes negara sahabat dan perwakilan organisasi internasional hadir bersama keluarganya.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa berterimakasih kepada para dubes yang telah hadir, sekaligus Presiden Yudhoyono yang bersedia menjadi tuan rumah.

Ia berharap acara ini mempererat persaudaraan dan kemitraan antarnegara sahabat.

Pewarta: M Arif Iskandar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013