Kiev (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tiba di Swedia pada Sabtu untuk bertemu dengan Perdana Menteri Ulf Kristersson, keluarga kerajaan, dan pejabat-pejabat lainnya.

Zelenskyy menyatakan akan berterima kasih kepada mereka karena telah mendukung Ukraina dalam melawan invasi besar-besaran Rusia, yang sudah berlangsung 18 bulan.

“Tugas utama kami adalah memperkuat prajurit Ukraina di darat dan di udara, mengembangkan kerja sama bilateral, khususnya dalam  industri pertahanan, integrasi Ukraina ke dalam Eropa dan keamanan bersama di ruang Euro-Atlantik,” tulis Zelenskyy dalam unggahan Telegram guna mengumumkan kedatangannya di Swedia.

Baca juga: Zelenskyy terima kasih Indonesia telah dukung kedaulatan Ukraina

Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson pekan lalu mengatakan  negaranya sedang merencanakan paket dukungan militer baru senilai 313,5 juta dolar AS (Rp4,8 triliun) untuk Ukraina, yang sebagian besar terdiri dari amunisi dan suku cadang untuk sistem senjata yang dikirim sebelumnya.

Paket itu akan menjadi yang ke-13 dari Swedia untuk  Ukraina sejak awal perang, sehingga nilai total bantuan militer negara Nordik itu menjadi lebih dari 1,8 miliar dolar AS (Rp27,6 triliun).

Bantuan meliputi tank dan sistem anti pesawat.

Baca juga: Ukraina berharap Indonesia bantu rekonstruksi pascaperang 

Sumber: Reuters
 

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023