Benar, pohon tumbang dan longsor terjadi malam ini pada dua titik mengakibatkan akses transportasi terputus,
Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) -
Akses transportasi jalan provinsi dari Simpang Empat Kecamatan Pasaman menuju Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terputus akibat pohon tumbang dan longsor yang menutupi jalan dekat Polong Anam Nagari Talu pada Sabtu (19/8) malam sekitar pukul 20.30 WIB.
 
"Benar, pohon tumbang dan longsor terjadi malam ini pada dua titik mengakibatkan akses transportasi terputus," kata Kepala Kepolisian Sektor Talamau Iptu Yuli Dekri saat dihubungi di Pasaman Barat, Sabtu (19/8) malam.
 
Menurutnya dua titik longsor itu ada daerah Lobang Jepang Jorong Pertomuan dan di Polong Anam.
 
"Untuk yang di Lobang Jepang sudah bisa dilewati kendaraan tetapi di Polong Anam belum karena pohon dan meterial longsor menimpa kabel listrik," katanya.
 
Pihaknya saat ini masih di lokasi longsor untuk memantau kejadian dan memberikan bantuan membersihkan material longsor dan pohon tumbang.
 
Pihaknya telah menghubungi pemerintah agar segera menurunkan alat berat berupa ekskavator untuk membersihkan material yang ada di badan jalan.
 
"Kita sudah menghubungi pemerintah daerah agar segera mengirimkan alat berat jenis ekskavator untuk membersihkan material yang menutupi badan jalan,” katanya.
 
Ia menyebutkan pohon tumbang dan longsor terjadi akibat hujan lebat yang terjadi di daerah itu sejak Sabtu (19/8) sore.
 
"Kita juga mengimbau kepada pengendara agar meningkatkan kewaspadaan diri ketika melewati area perbukitan yang ada di Talu karena longsor tidak tahu kapan terjadi," katanya.
 
Ia menambahkan jalur Kajai sampai Talu merupakan daerah rawan longsor karena jalur itu dikelilingi perbukitan.
 
Camat Talamau Andre Affandi beserta jajaran juga telah turun kelasi memberikan bantuan untuk membersihkan material longsor. 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023