Semarang (ANTARA) - Konser kemerdekaan bertajuk "Keagungan Indonesia" dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia berlangsung semarak di Taman Indonesia Kaya (TIK) Semarang, Sabtu malam.

Ada sekitar 230 penampil yang ambil bagian pada Konser Keagungan Indonesia, khususnya dari Gema Nusantara Pelajar Semarang yang merupakan komunitas pelajar yang mendedikasikan diri dalam seni musik.

Dalam pertunjukan kali ini, Gema Nusantara Pelajar Semarang membawakan lagu-lagu menarik, diiringi musisi gamelan dan tari tradisi, dan iringan orkestra dengan berbagai alat musik seperti gamelan, saksofon, biola, keyboard, bass, dan gitar.

Dengan menggunakan pakaian khas Nusantara, Gema Nusantara Pelajar Semarang menyatukan musik dan tarian dalam nuansa kebudayaan Indonesia dengan barisan anak-anak string Orchestra.

Selama kurang lebih 90 menit, penikmat seni yang memenuhi pelataran Taman Indonesia Kaya dihibur dengan penampilan dari Gema Nusantara Pelajar Semarang yang membawakan lebih dari tujuh buah lagu.

Lagu-lagu yang ditampilkan Gema Nusantara, antara lain "Gambang Semarang", "Lukisan Indonesia", "Aku Indonesia", "Oh Negeriku", "Cinta Indonesia", "Mahadaya Cinta", "Merah Putih", dan "Hari Merdeka".

"Malam ini, kami berkumpul untuk memberikan penampilan terbaik ke hadapan masyarakat Kota Semarang dalam rangka merayakan dan menyemarakkan Kemerdekaan Republik Indonesia," kata perwakilan Gema Nusantara Pelajar Semarang Ester Dwi Winarni.

Ia bersyukur komunitas yang didirikannya bersama Eunike Dian Anggraheni itu diberikan kesempatan untuk tampil di hadapan para penikmat seni di Taman Indonesia Kaya yang merupakan sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan.

"Selain dapat menghibur, kami juga dapat menyebarkan semangat nasionalisme kepada generasi muda di Semarang. Semoga penampilan kami dapat menginspirasi dan memberikan warna tersendiri bagi perayaan HUT Ke-78 Republik Indonesia," katanya.

Gema Nusantara Pelajar Semarang merupakan sebuah komunitas pelajar Semarang yang didirikan pada 2019 oleh Ester Dwi Winarni dan Eunike Dian Anggraheni, dan saat ini memiliki lebih dari 200 anggota.

Sementara itu, Program Director www.indonesiakaya.com Renitasari Adrian menyampaikan bahwa upaya untuk memeriahkan kemerdekaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk melalui konser anak-anak itu.

"Memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan sebuah pertunjukan menarik yang dapat meningkatkan semangat Nasionalisme bagi masyarakat," katanya.

Melalui konser di Taman Indonesia Kaya itu, diharapkan Renitasari bisa memeriahkan HUT RI dengan menyuguhkan sajian menarik untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap ragam kebudayaan yang ada di Indonesia.

"Tak hanya memberikan sajian yang menarik, di akhir pekan ini, kami juga ingin memberikan wadah bagi para pelajar di Semarang yang memiliki minat tinggi dalam dunia seni pertunjukan untuk menyuguhkan sajian yang menarik bagi masyarakat," katanya.

"Semoga Konser kemerdekaan 'Keagungan Indonesia' dapat menjadi sajian yang menghibur dan menambah wawasan tentang Indonesia kepada masyarakat," pungkasnya.
Baca juga: Sambut HUT ke-78 RI, Gita Bahana Nusantara gelar Konser Kemerdekaan
Baca juga: Konser kemerdekaan Indonesia-Korsel pererat hubungan antarnegara
Baca juga: Konser musik virtual "Indonesia Maju" dimeriahkan RAN hingga Slank

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023