Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria mengatakan bahwa pihaknya akan memperkuat audit keuangan PSSI dan hasilnya bisa disampaikan ke publik sebagai bentuk transparansi dalam pengelolaan sepak bola Indonesia.

"Tata kelola dan prosedur organisasi kita telah menyampaikan kepada kongres dan itu setiap tahunnya pasti akan audit. Tidak hanya dari kita sendiri, tapi juga dari FIFA datang langsung," kata Tisha saat diskusi mengenai laporan hasil survei LSI terkait sepak bola dalam siaran daring di Jakarta, Minggu.

Tisha menjelaskan bahwa selama ini PSSI selalu melaporkan hasil audit keuangan organisasi secara transparan kepada FIFA sebagai salah satu syarat agar bisa berpartisipasi pada turnamen FIFA ataupn AFC.

Perempuan satu-satunya yang berada di posisi Wakil Ketua Umum PSSI ini juga menekankan bahwa keberadaan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI juga menekankan pentingnya transparansi audit keuangan organisasi untuk membuktikan kepengurusan yang bersih, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Dengan adanya Pak Erick saat ini sebagai ketua umum, kita sangat bersyukur bahwa hal-hal ini benar-benar ditekankan secara nyata oleh Pak Erick," kata Tisha.

Baca juga: Erick Thohir perintahkan PSSI buka semua data keuangan saat diaudit

Sebelumnya, politikus PDIP yang juga sempat menjadi Ketua Steering Committee Piala Presiden periode 2015 hingga 2019 Maruarar Sirait mempertanyakan mengenai pengelolaan sepak bola yang dilakukan oleh PSSI periode-periode sebelumnya lantaran tidak transparan dalam manajemen.

Maruarar menginginkan agar PSSI menindaklanjuti mengenai adanya temuan pada audit laporan keuangan PSSI baik pada kepengurusan saat ini, maupun periode sebelumnya. Bahkan dia meminta agar PSSI melaporkan kepada pihak penegak hukum apabila terjadi indikasi penyelewengan ataupun korupsi pada laporan audit tersebut.

Ratu Tisha menyebut bahwa manajemen PSSI sempat melaporkan audit keuangan PSSI kepada aparat penegak hukum pada tahun 2018 dan 2019. Dia juga menekankan saat ini PSSI akan segera menindaklanjuti secara tegas apabila ada indikasi pengelolaan sepak bola yang di luar aturan dalam audit.

Berdasarkan survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), sebanyak 72 persen penduduk Indonesia tidak tahu bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan melakukan audit keuangan PSSI untuk membuktikan kepengurusan yang bersih, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Namun meskipun banyak yang tidak tahu akan kebijakan itu, sebanyak 93,9 persen masyarakat setuju apabila kebijakan audit keuangan tersebut dilakukan oleh Erick Thohir.

Baca juga: Erick Thohir tunjuk Ernst & Young sebagai auditor keuangan PSSI
Baca juga: PSSI minta keuangan PT LIB diaudit sebelum musim baru Liga Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023