Labuan Bajo (ANTARA) - Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur bersama warga dan KSOP Labuan Bajo menyambut penyelenggaraan ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17 dengan melakukan pembersihan sampah dari laut untuk menunjukkan keindahan Labuan Bajo.

"Kami bersinergi dengan KSOP dan masyarakat hari ini melakukan pembersihan lingkungan pantai di sekitar lokasi kegiatan AMMTC," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin.

Pembersihan sampah dilakukan personel Polres Manggarai Barat, KSOP, dan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan AMMTC di Labuan Bajo.

Ari mengatakan bersih sampah di pantai itu merupakan upaya peduli lingkungan yang dilakukan secara berkelanjutan.

Pembersihan pantai juga menjadi bentuk keterlibatan dan peran aktif dari masyarakat yang mendukung kegiatan internasional itu di Labuan Bajo.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara kontinyu dalam rangka Polri peduli lingkungan dan menanamkan karakter jaga kebersihan pada diri masyarakat," ucapnya.

Labuan Bajo telah terpilih menjadi lokasi kegiatan AMMTC Ke-17 yang telah dimulai dari tanggal 20 Agustus 2023 sampai 23 Agustus 2023.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sendiri telah menyatakan kekagumannya pada Labuan Bajo.

Hal itu ia utarakan pula dengan mengajak segenap delegasi untuk menikmati keindahan alam Labuan Bajo dalam acara Sunset Cruise dan Welcome Cocktail dari atas kapal pinisi, Minggu sore (20/8).

"Mari sejenak kita nikmati keindahan alam Labuan Bajo yang dikenal dengan julukan Kota Seribu Senja dan habitat asli dari Komodo," ucapnya.

Beberapa agenda kegiatan AMMTC Ke-17 yakni AMMTC Plenary serta AMMTC Consultations dengan mitra dialog.

Pada akhir pertemuan plenary, ada penandatanganan nota kesepahaman dengan enam negara ASEAN untuk peningkatan kerja sama bilateral kepolisian dalam penanggulangan kejahatan transnasional.

Baca juga: Kapolri dan peserta AMMTC nikmati parade penyambutan di Labuan Bajo

Baca juga: Polri berharap AMMTC di Labuan Bajo bangkitkan ekonomi lokal

Baca juga: Bupati Manggarai Barat ajak warga jaga stabilitas daerah saat AMMTC

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023