"Kita menyambut dengan sukacita (AMMTC) dan saya mengimbau masyarakat yang ada di Manggarai Barat, mari sama-sama menjaga stabilitas,"
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengajak masyarakat untuk menjaga stabilitas daerah saat penyelenggaraan kegiatan internasional ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Kita menyambut dengan sukacita (AMMTC) dan saya mengimbau masyarakat yang ada di Manggarai Barat, mari sama-sama menjaga stabilitas," kata Edistasius di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dijadwalkan menggelar ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada tanggal 20 Agustus hingga 23 Agustus 2023.

AMMTC Ke-17 akan diikuti 10 menteri negara ASEAN beserta anggota delegasinya, serta delegasi dari tiga mitra dialog, yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan.

Selanjutnya ada Timor Leste sebagai observer, Chairman Directors-General of Immigration Departments and Heads of Consular Affairs Divisions of the Ministries of Foreign Affairs (DGICM), dan Sekretaris Jenderal ASEAN. Total peserta kegiatan itu pun mencapai 275 orang.

Edistasius menyambut baik kegiatan internasional tersebut. Ia meminta masyarakat untuk menjaga stabilitas daerah agar AMMTC yang diikuti oleh para delegasi dapat terselenggara dengan nyaman dan aman.

Selain stabilitas daerah, Edistasius juga mengajak masyarakat untuk menjaga keramahan dan kebersihan. Ia pun memastikan tidak ada agenda kegiatan internasional itu yang akan mengganggu aktivitas masyarakat Labuan Bajo, khususnya anak sekolah yang berkaitan dengan rekayasa lalu lintas.

"Mari kita sama-sama jaga kebersihan dan yang paling penting jaga keramahan, senyum kepada siapa pun yang datang ke tempat ini," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Kapolri Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama para pejabat kepolisian dari Mabes Polri dan Polda NTT telah tiba di Labuan Bajo.

Ia pun telah berkoordinasi dan mengusulkan agar adanya kegiatan penanaman pohon yang masuk dalam salah satu mata acara AMMTC untuk mengingatkan komitmen bersama tentang pentingnya kesadaran pada lingkungan.

"Salah satu kegiatan nanti adalah menanam pohon di lokasi yang tandus dan pohon yang ditanam itu pohon endemik di Manggarai Barat. Semoga dalam satu dua hari ke depan lokasi penanaman sudah pasti," ucapnya.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Labuan Bajo, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut AMMTC akan membahas isu kejahatan transnasional yang berkaitan dengan terorisme, perdagangan orang, kejahatan dunia maya, penyelundupan senjata, perdagangan satwa liar, kayu ilegal, perdagangan obat-obatan terlarang, pencucian uang, kejahatan ekonomi internasional, pembajakan laut, dan penyelundupan manusia.

AMMTC Ke-17 direncanakan akan dibuka Presiden RI Joko Widodo dan acaranya akan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo selaku Ketua AMMTC 2023.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023