Pembebasan lahan tersebut sedang dalam pematangan di dinas terkait.
Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat melanjutkan pembebasan lahan proyek Jalan Regional Ring Road (R3) lebih kurang 1 kilometer di batas Sungai Ciliwung arah wilayah Katulampa, Kecamatan Bogor Timur tahun 2023, untuk mengejar target selesai tembus ke Jalan Raya Wangun tahun 2026.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim saat diwawancarai di Perpustakaan Kota Bogor, Senin, menyampaikan bahwa pembebasan lahan dilanjutkan, agar mempercepat akses masyarakat dari wilayah Kecamatan Bogor Utara ke Bogor Timur atau Selatan menggunakan jalan tersebut tanpa harus melalui Jalan Raya Utama Pajajaran.

Pembebasan lahan tersebut sedang dalam pematangan di dinas terkait.

"R3 tahun ini insya Allah kami lanjutkan pembebasan lahan sampai di batas Sungai Ciliwung di arah Katulampa, sekiloanlah," ujar Dedie.

Dedie menjelaskan, Jalan R3 itu nanti disambung dengan sebuah jembatan yang melewati Sungai Ciliwung di wilayah Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Kemudian dilanjutkan dengan pembebasan area wisata Kuntum, sampai Jalan Raya Wangun hingga nanti kendaraan masyarakat bisa tembus ke Jalan Raya Tajur.

Saat ini Jalan R3 bisa diakses dari Simpang Jambu Dua di Jalan KS Tubun dan Jalan Pajajaran menuju Jalan Achmad Adnan Wijaya, Jalan Pandu Raya, di Kecamatan Bogor Utara hingga ke Jalan Kol Ahmad Syam, Jalan Raya Parung Banteng, di Kecamatan Bogor Timur.

Pemkot Bogor, kata Dedie lagi, sedang mengupayakan kembali menambah akses sepanjang lebih kurang 1 kilometer untuk memperlancar target tembus hingga Jalan Raya Wangun tahun 2026.

Pada sisi lain, Dedie melanjutkan bahwa kelanjutan pembebasan lahan Jalan R3 juga didukung dengan rencana penyelesaian sodetan Jalan Permata, di area Perumahan Villa Duta, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur sampai ke SMAN 3 Kota Bogor di wilayah yang sama.

Jalan tersebut bisa digunakan untuk mengakses Jalan R3 melalui Kampung Bantar Kemang, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur.

"Nanti ke depan itu, kami berkeinginan juga supaya masyarakat kalau mau ke Jalan Pajajaran itu muter-muter, ke depan kami selesaikan sodetan Jalan Permata, Villa Duta, keluarnya di SMAN 3," kata Dedie lagi.

Menurut Dedie, pembangunan lanjutan R3 dan sodetan Jalan Permata Villa Duta tentu akan mengurangi kemacetan di Jalan Padi dan di Jalan Binamarga, karena konsentrasi kendaraan menjadi terbagi.
Baca juga: Warga Bogor Timur minta jalan R3 dibuka kembali
Baca juga: Wali Kota Bogor pilih jalan R3 jadi lokasi pelantikan pejabat

 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023