Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 80 personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat dikerahkan untuk mengatasi kebakaran di Jalan Pasar Klingkit RT 12/11 Kelurahan Rawabuaya, Kecamatan Cengkareng, pada Selasa.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin mengatakan, kebakaran terjadi pukul 08.30.

"Awal mula api akibat pembakaran sampah di lahan tersebut yang berada di wilayah RT/RW 12/11. Tapi merembes ke hunian warga di RT/RW 05/11," ungkapnya saat dihubungi.

Pihaknya mengerahkan total 16 unit kendaraan dan 80 personel pemadam untuk mengatasi kebakaran tersebut. Kebakaran dapat dilokalisir pada pukul 09.35 WIB.

"Hingga saat ini petugas masih melakukan penyemprotan pada titik-titik api yang masih menyala di lahan pembuangan sampah," katanya yang menambahkan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Lurah Rawabuaya, Junaidi di lokasi kebakaran tersebut mengatakan, akibat kebakaran tersebut, sebanyak tiga rumah warga dan 18 pintu kontrakan berlantai dua di RT/RW 05/11 ludes terbakar. Sedangkan lima hunian warga di RT/RW 12/11 terdampak, yaitu bagian belakang rumah yang terbakar.

Junaidi menuturkan, awalnya api dari adanya warga yang membakar sampah di lahan yang berada di RT 12/11. Tapi hembusan angin menyebabkan sejumlah rumah warga ludes terbakar di RT 05/11.

Sedangkan hunian di RT 12/11 hanya terdampak. "Akibat kejadian itu sekitar 70 jiwa warga dua RT mengungsi di tenda pengungsian BPBD DKI Jakarta di depan Masjid Islam Mulfatal RT 05," ungkapnya.
Baca juga: 60 personel padamkan kebakaran kantor pabrik mebel di Jakbar
Baca juga: Sudin Gulkarmat kerahkan 52 personel padamkan kebakaran di Kalideres

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023