Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat merevitalisasi empat lokasi pedestrian atau trotoar bagi pejalan kaki yang ramah disabilitas.

Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat, Sholeh mengatakan, revitalisasi dilakukan di Jalan Yusuf Adiwinata, Jalan Agus Salim, Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Kesehatan hingga Petojo Melintang.

"Tahun ini ada empat titik yang sedang kita kerjakan. Rencananya revitalisasi selesai bulan November," kata Sholeh saat dikonfirmasi di Jakarta Pusat (Jakpus), Selasa.

Sholeh merinci Jalan Yusuf Adiwinata di kawasan Gondangdia direvitalisasi sepanjang 535 meter atau satu sisi jalan. Sedangkan Jalan Agus Salim direvitalisasi sepanjang 600 meter untuk satu sisi.

Kemudian, revitalisasi Jalan HOS Cokroaminoto mencakup kedua sisi jalan sepanjang 530 meter. Sedangkan Jalan Kesehatan hingga Jalan Petojo Melintang sepanjang 886 meter untuk dua sisi.

Baca juga: Trotoar di Jalan Letjen Suprapto ditertibkan petugas gabungan
Baca juga: Satpol PP beri sanksi sosial cat trotoar bagi warga tak gunakan masker


Sholeh menjelaskan, anggaran sebesar Rp15 miliar dialokasikan untuk merevitalisasi jalan di empat lokasi tersebut.

Sejauh ini, ia mengaku tidak mendapati kendala lalu lintas dalam proyek revitalisasi jalan itu.

Untuk memastikan pedestrian dapat dilewati dengan nyaman oleh pejalan kaki dan disabilitas, Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Pusat juga berkoordinasi dengan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota untuk merelokasi pohon yang melintas.

"Relokasi pohon dapat dilakukan jika keberadaan pohon bisa menghalangi jalur pejalan kaki, atau usia pohon sudah tua," katanya.

Selain itu, pedestrian akan dilengkapi markah jalur disabilitas dan bolar agar tidak disalahgunakan menjadi tempat parkir.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023