Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menanamkan budaya literasi kepada anak sekolah melalui "Hari Anak Jakarta Membaca" (Hanjaba) di Gedung Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) di Jalan Tanjung Duren Barat, Duri Kepa, Kebon Jeruk.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari Selasa sampai dengan Kamis (24/8). Hari ini kegiatan dimulai dengan lomba membaca dan mewarnai yang diikuti 163 anak Sekolah Dasar (SD).

"Kegiatan ini diharapkan dapat memicu pertumbuhan minat baca masyarakat khususnya anak-anak," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto saat ditemui di lokasi, Selasa.

Dengan membaca, kata dia, wawasan dan kemampuan anak sekolah akan semakin baik menuju pintu dunia.

Uus mengungkapkan, sosialisasi, program dan pemberian fasilitas membaca kepada warga sangat penting dalam rangka menanamkan budaya literasi kepada masyarakat.

Baca juga: Sudin Pusip Jaksel siapkan ratusan lokasi baca pada 2023

Pihaknya juga berharap Dinas Pusip DKI Jakarta dapat menambah fasilitas membaca seperti perpustakaan keliling atau buku digital (melalui kode QR) di tempat-tempat umum di Jakarta Barat.

"Kita berharap agar Dinas Pusip DKI Jakarta dapat menambah armada perpustakaan keliling. Selain itu juga buku-buku yang bisa diakses lewat QR Code itu," katanya.

Kemudian, Dinas Pusip, diharapkan 
memperbanyak tempat untuk membaca di tempat umum dan lain sebagainya. 

Hal tersebut, kata Uus, mengingat anak-anak SD juga sudah menggunakan telepon seluler untuk mengakses buku-buku digital lewat kode QR yang disediakan.

Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta, Firmansyah menyebutkan, "Hanjaba" adalah kegiatan untuk memicu pertumbuhan minat baca anak.
"Karena hari anak membaca itu bukan hanya dalam kegiatan-kegiatan seperti ini saja, tetapi anak membaca itu setiap hari," kata Firmansyah.

Baca juga: Kepala Dinas Perpustakaan DKI apresiasi tingginya minat baca warga

Ia meminta peran orang tua beserta perangkat sekolah dan jajaran pemerintah untuk mendukung pertumbuhan minat baca anak.

"Mulai dari orang tua karena orang tua itu yang paling dekat dengan anak. Kebiasaan membaca itu harus dimulai dari rumah dulu," katanya.

Kemudian didukung oleh fasilitas yang disediakan sekolah. "Lalu lewat giat-giat yang diadakan pemerintah seperti ini," kata dia.

Ia menyebutkan, kebiasaan membaca khususnya pada anak dapat mempersiapkan mereka untuk berkompetisi dengan masyarakat dunia.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat, Ahcmad Jazuri menuturkan "Hanjaba" di Jakarta Barat (Jakbar) digelar selama tiga hari, yaitu 22-24 Agustus 2023.

Hari pertama diisi dengan lomba menggambar dan mewarnai. Kemudian hari kedua lomba bercerita dan membuat "comik trip" sebanyak 81 peserta. "Hari ketiga lomba pidato dan membaca puisi sebanyak 82 peserta," kata dia.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023