Saya hari ini datang untuk menepati janji satu tahun lalu.....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menghibahkan dua unit bus listrik kepada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa.

Upacara penyerahan bus listrik itu berlangsung di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, serta dihadiri oleh Rektor UGM, Ova Emilia dan Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Ganjar Pranowo.

Bahlil mengatakan bahwa penyerahan dua unit bus listrik kepada UGM merupakan bentuk penuntasan janji yang pernah disampaikannya kepada rektor UGM setahun yang lalu.

“Saya hari ini datang untuk menepati janji satu tahun lalu. Inilah perbedaan kalau politisi sama pengusaha, kalau politisi janji biasa, tidak ditepati atau ditepati insyaallah. Tapi kalau pengusaha biasanya, kalau janjinya tidak ditepati, tidurnya tidak nyenyak,” ucap Bahlil dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Indonesia ditargetkan jadi negara industri baterai kendaraan terbesar

Bahlil juga menegaskan bahwa pemberian bus listrik kepada UGM tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pengembangan ekosistem mobil listrik.

“Ini sebagai bentuk partisipasi aktif dalam rangka mengembangkan ekosistem EV (electric vehicle) dan memang Kementerian Investasi lagi gencar-gencarnya untuk membangun investasi di mobil listrik dan baterai mobil listrik,” ungkapnya.

Rektor UGM, Ova Emilia menuturkan bahwa UGM akan menyusun perencanaan untuk menerapkan transportasi berbahan bakar listrik di lingkungan kampus sebagai upaya menurunkan emisi karbon.

“Jadi salah satu misi dari kepengurusan rektorat (UGM) sekarang ini bahwa kamo ingin mengupayakan penurunan emisi karbon, khususnya di kampus, sehingga kami akan membuat semacam perencanaan bahwa sirkuler transport itu menggunakan mobil atau bus listrik,” kata Ova.

Baca juga: DKI adakan 100 bus listrik untuk kurangi polusi udara

Dia menambahkan UGM juga berkomitmen untuk melindungi lingkungan alam di kampus UGM yang telah menjadi ruang konservasi bagi pohon-pohon paling tinggi di Yogyakarta serta aneka fauna burung yang banyak tinggal di antara pepohonan di sana.

Bahlil telah dua kali melakukan pemberian hibah bus listrik. Sebelumnya, dia juga  menghibahkan bus listrik kepada Universitas Indonesia (UI) pada Maret lalu.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023