Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan segala persiapan pelaksanaan Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8) yang diselenggarakan pada 23-27 Agustus 2023 telah tuntas.

"Alhamdulilah semua sudah tuntas (rampung). Tapi, yang menarik adalah ada media Asian, media di Fiantin menyampaikan kebanggaanya Ratu Laos akan tampil di Kota Makassar. Ini ada beritanya, Ratu Laos menyatakan hadir," ujar Ramdhan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini menyebutkan untuk kedatangan Ratu Laos ke Kota Makassar guna menghadiri F8 telah diberitakan koran terbesar di negara itu, bahkan akan memboyong ratu kecantikannya.

Baca juga: Makassar International Eight Festival dimeriahkan pesawat Sukhoi

"Mereka bangga hadir di sini, termasuk Ratu Kecantikan Laos akan ikut hadir, ini setelah diberitakan koran terbesar di Laos," papar wali kota dua periode ini menambahkan.

Untuk pelaksanaan acara F8 yang dipusatkan di Pelataran Anjungan Bugis Makassar Pantai Losari dimulai pada Rabu, 23 Agustus 2023, sejumlah kegiatan telah disiapkan panitia event organizer (EO).

"Besok dimulai. Yang menyatakan hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menkominfo sementaramasih  konfirmasi. Wali Kota Bogor dan Wali Kota Medan juga menyatakan hadir. Kalau dari dunia, Wali Kota dari Malaysia dan beberapa konsulat negara maju akan hadir," katanya.

Saat ditanyakan siapa saja kepala daerah di Sulsel yang akan hadir dalam kegiatan internasional itu, Danny mengatakan belum ada konfirmasi, namun semuanya telah diundang untuk turut menghadiri acara.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Aulia Arsyad mengemukakan bahwa untuk rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan F8 diterapkan mulai besok hingga lima hari ke depan.

Jalan Penghibur depan Anjungan Pantai Losari yang menjadi pusat kegiatan, kata dia, ditutup penuh selama lima hari 23-27 Agustus 2023. Selanjutnya, arah kendaraan dari Jalan Metro Tanjung Bunga langsung diarahkan ke Jalan Haji Bau dengan lajur satu arah.

Baca juga: Wali Kota Makassar siapkan Kapal Pinisi jamu para menteri di ajang F8

Baca juga: Wali Kota Makassar sebut perwakilan 11 negara akan hadir di event F8


Sedangkan dari Jalan Maddukelleng dibalik arah dari selatan ke utara. Arus kendaraan dari Jalan Haji Bau langsung diarahkan ke Jalan Arif Rate, dan tidak diperbolehkan masuk ke Jalan Cendrawasih (Opu Daeng Risadju).

Arah Jalan Garuda satu arah, dari Jalan Rajawali dan arah kendaraan dari Jalan Rajawali dilarang masuk ke Jalan Garuda. Sementara untuk Jalan Somba Opu dari batas sampai Jalan Muchtar Lutfi diarahkab belok kiri dan tidak diperbolehkan ke arah kanan.

"Sepanjang Jalan Penghibur mulai dari Kafe Turatea sampai Anjungan Toraja-Mandar itu bebas kendaraan. Jalan yang dibuka hanya Jalan Ranggong dari arah Jalan Somba Opu ke Ranggong, lalu belok kanan ke Pasar Ikan. Untuk personel yang disiagakan sebanyak 317 orang disebar di semua titik," katanya menjelaskan.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023