Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Belitung bersama Komando Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Koppeba) TNI Angkatan Laut berkolaborasi meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bidang kemaritiman.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Koppeba TNI AL yang telah berkolaborasi dengan BBPVP Belitung dalam melaksanakan pelatihan sesuai dengan potensi pengembangan kemaritiman yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujar Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor dalam keterangannya di Jakarta, Selasa malam.

Baca juga: Kemnaker tingkatkan kapasitas pendamping tenaga kerja mandiri

Dalam Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Kemaritiman di Belitung, Bangka Belitung, Afriansyah Noor mengatakan kegiatan FGD ini bertujuan untuk menggali inovasi program pelatihan bidang kemaritiman dalam rangka mempersiapkan SDM terutama sektor pekerjaan bawah air.

Menurut Afriansyah, untuk penyiapan tenaga kerja kompeten banyak hal perlu dipersiapkan, mulai dari standar kompetensi yang menjadi acuan dalam proses pelatihan, lembaga pelatihan kredibel, pelatihan material berkualitas, serta instruktur berkualitas dalam mentransfer keterampilan, pengetahuan, dan perilaku kepada peserta pelatihan.

Baca juga: Kemnaker gelar pelatihan vokasi di KITB agar warga terserap industri

"Semua ini merupakan runtutan satu kesatuan dalam proses untuk membangun SDM yang berkualitas yang mampu bersaing dalam dunia kerja," ujarnya.

Baca juga: Kemnaker: Instruktur BLK Komunitas miliki peran bangun SDM
Baca juga: Kemnaker perhatikan perempuan tingkatkan pembangunan ketenagakerjaan

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023