Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar di media sosial yang menyebutkan sebanyak delapan partai berkoalisi mengusung bakal calon presiden Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

Kondisi itu disebut membuat panik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Delapan partai politik itu, sebagaimana termuat dalam video di YouTube, meliputi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), NasDem, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"MEGAWATI PANIK !! 8 PARTAI RESMIKAN MENANGKAN ANIES 2024....," demikian narasi yang dilekatkan di unggahan YouTube tersebut.

Konten pengguna YouTube dengan 23.000 pengikut itu juga dilengkapi gambar yang memperlihatkan pertemuan delapan pejabat partai. 

Para petinggi partai, yang diklaim mengukuhkan dukungan kepada Anies Baswedan itu, terlihat berdiri beriringan sambil bergandengan tangan.

Lantas, benarkah delapan partai sepakat menangkan Anies pada 2024 sehingga membuat Megawati panik ?
 
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan Megawati panik delapan partai menangkan Anies pada 2024 (YouTube)


Penjelasan:
Foto delapan pejabat partai dalam unggahan video di YouTube itu tidak berhubungan dengan pemberian dukungan bagi bacalon presiden Anies Baswedan pada pesta demokrasi lima tahunan.

Dokumentasi tersebut aslinya merupakan kejadian di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada 8 Januari 2023, yang mana para pimpinan partai itu sebenarnya menggelar pertemuan kesepakatan untuk menolak pemilu proporsional tertutup di Pemilu 2024.

Gambar perkumpulan partai itu juga dapat dilihat di berita ANTARA berikut.

Tidak ada pula narasi yang membenarkan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati menjadi panik dengan adanya perkumpulan partai tersebut.

Sementara itu, hingga 23 Agustus, sudah ada tiga partai yang mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan pada Pemilu 2024, yakni PKS, NasDem, dan Partai Demokrat. 

Belum ada penambahan atau pengurangan dukungan partai terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta itu hingga pekan keempat Agustus 2023.

Sehingga, narasi Megawati panik karena delapan partai menangkan Anies pada 2024 adalah klaim menyesatkan.

Klaim: Megawati panik delapan partai menangkan Anies pada 2024
Rating: Hoaks

Cek fakta: PDIP siapkan langkah hukum terkait kabar hoaks Megawati meninggal

Cek fakta: Hoaks! Seluruh wali kota di Indonesia dukung Anies jadi Presiden 2024

Cek fakta: Hoaks! Foto Megawati resmi jadikan Puan sebagai bakal cawapres Anies



 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023