Jakarta (ANTARA) - Petenis AS John Isner, yang sedang mempersiapkan penampilannya yang ke-17 di US Open, mengatakan bahwa dia akan pensiun dari tenis profesional setelah ajang Grand Slam terakhir tahun ini.

"Setelah 17+ tahun mengikuti ATP Tour, inilah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal pada tenis profesional," tulis Isner, mengumumkan rencana pensiun dalam unggahan di media sosial, Kamis.

"Transisi ini tidak akan mudah tapi saya menantikan setiap detiknya bersama keluarga saya yang luar biasa," kata Isner, yang memiliki empat anak bersama istrinya, Maddie.

Isner, yang berusia 38 tahun, merupakan perempat finalis di Flushing Meadows pada 2011 dan 2018.

Dia merupakan pemimpin ATP Tour sepanjang masa dalam hal ace dengan 14,411 ace menjelang US Open, yang dimulai pada Senin (28/8).

Baca juga: John Isner luncurkan "Isner Family Foundation" untuk lawan kanker

Dikutip dari catatan AFP, Isner adalah petenis Amerika peringkat teratas dalam peringkat akhir tahun selama sembilan tahun berturut-turut dari 2012-2020 dan masuk dalam 20 besar peringkat dunia selama satu dekade dari 2010-2019.

Isner telah memenangi 16 gelar ATP tunggal dan delapan gelar ganda. Dia rutin memperkuat tim Davis AS, membukukan 15 kemenangan tunggal dan dua kemenangan ganda dalam 18 penampilan di turnamen internasional beregu putra tersebut.

Semua (hanya dua yang tidak) kemenangan tunggal ATP-nya terjadi di Amerika Serikat, termasuk kemenangan pada 2018 atas Alexander Zverev untuk memenangi gelar Miami Masters.

Dia telah memenangi enam gelar di Atlanta dan empat gelar di Newport.

Isner juga dikenal karena pertandingan maraton babak pertama Wimbledon melawan petenis Prancis Nicolas Mahut pada 2010. Ia menang 6-4, 3-6, 7-6(7/9), 7-6(7/3), 70-68 dalam pertandingan tersebut, pertandingan yang memakan waktu 11 jam lima menit bermain selama tiga hari.

Baca juga: Medvedev taklukkan Isner menuju final Canada Masters kedua kalinya
Baca juga: John Isner capai putaran kedua Montreal

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023