Melalui kegiatan LDK ini, kami dapat menumbuhkan sikap yang seharusnya dibutuhkan bangsa saat ini, seperti 3 MADA, yaitu mempunyai karakter yang baik, jiwa nasionalisme dan wirausaha,"
Jakarta (ANTARA News) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggelorakan semangat nasionalisme di China melalui penyelenggaraan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diikuti seluruh pelajar Indonesia se-China, di Beijing pada 12--14 April 2013

"Melalui kegiatan LDK ini, kami dapat menumbuhkan sikap yang seharusnya dibutuhkan bangsa saat ini, seperti 3 MADA, yaitu mempunyai karakter yang baik, jiwa nasionalisme dan wirausaha," kata Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasiko dalam keterangan tertulisnya sekembalinya dari China, di Jakarta, Selasa.

Taufan mengatakan, nasionalisme merupakan semangat yang perlu terus dibina dan ditumbuhkembangkan. "Apalagi, di kalangan para pelajar dan pemuda yang kini sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Jangan sampai semangat nasionalisme pupus akibat pembauran dengan budaya asing," katanya.

Menurut Taufan, keberadaan pelajar Indonesia sebagai "agent of change" membutuhkan sebuah kaderisasi yang baik agar ikut membantu menjadikan bangsa ini ke arah yang lebih baik.

"Melalui latihan kepemimpinan itu pulalah diharapkan akan lahir para calon pemimpin bangsa yang memiliki semangat nasionalisme yang kuat untuk membangun Indonesia yang lebih baik ke depan," ujarnya.

Taufah menambahkan, KNPI sendiri siap menjadi Tut Wuri Handayani, berada di belakang para pemuda Indonesia untuk dapat menjembatani, menyalurkan dan mewujudkan berbagai ide, kepentingan dan aspirasi dari para pelajar, baik itu di Indonesia, China maupun para pemuda dan pelajar dari belahan dunia manapun.

Sebelumnya, Ketua Umum Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok, Trisna Metta Widyani mengatakan, kegiatan LDK yang diselenggarakan PPI tak lain merupakan salah satu jalur pembinaan yang difokuskan pada kompetensi individu bagi calon-calon pemimpin masa depan bangsa.

"Pemuda harapan bangsa bukan hanya slogan, akan tetapi dapat diimplementasikan pada kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Kegiatan LDK mengambil tema "Peran Aktif Para Pelajar Indonesia di Tiongkok Dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan" yang diikuti  lebih dari 100 pemuda Indonesia dari 14 kota se-China.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013