Boyolali (ANTARA News) - Menteri Perdagangan RI Gita Irawan Wirjawan mengatakan Pasar Cepogo di lereng Gunung Merapi Kabupaten Boyolali akan terus didorong untuk dikembangkan menjadi sentra sayuran.

"Kami melihat kondisi Pasar Cepogo yang sudah direvitalisasi cukup memuaskan," katanya saat meninjau di Pasar Cepogo Boyolali, Selasa.

Menurut dia, Pasar Cepogo sebagai tempat perdagangan komuditas sayuran itu akan didorong terus agar berkembang menjadi sentra sayuran atau perdagangan hasil bumi produktif di Jawa Tengah.

Mendag menjelaskan, dengan kondisi pasar yang bagus tersebut, para pedagang bisa senang, nyaman, dan mereka menempati kios dan los juga tanpa dipungut biaya atau gratis.

"Kami minta agar pedagang yang mendapat fasilitas ini memanfaatkan dengan bijaksana. Ketertiban, kenyamanan, dan kebersihan selalu dijaga serta transaksi diharapkan semakin meningkat," katanya.

Menurut Mendag, harga sayuran seperti bawang merah, bawang putih, cabai dalam dua tiga minggu terakhir ini secara nasional beransur-ansur menurun.

"Namun, harga daging saja yang perlu disikapi yang cukup tinggi di pasar," katanya.

Menurut dia, untuk menurunkan harga daging sapi dengan meninjau ulang peningkatan impor. Hal ini juga sebagai langkah antispasi persiapan menjelang Lebaran mendatang.

"Stabilitas harga itu sangat penting agar masyarakat tetap senang," katanya.


Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013