Pemkab Mimika gelar pelatihan pembinaan bagi pelaku usaha pariwisata

Pemkab Mimika gelar pelatihan pembinaan bagi pelaku usaha pariwisata

Asisten bidang pemerintahan dan kesra Setda Kabupaten Mimika Paulus Dumais saat membuka kegiatan pelatihan pembinaan pelaku usaha pariwisata di Timika. ANTARA/HO-Humas Pemkab Mimika

Mutu dan pelayanan harus diukur melalui kompetisi sehingga keunggulan potensi wisata benar-benar terlihat
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar pelatihan pembinaan bagi pelaku usaha pariwisata guna mempertahankan dan mempromosikan potensi wisata daerah.

Asisten bidang pemerintahan dan kesra Setda Mimika, Paulus Dumais di Timika, Kamis, mengatakan pelatihan ini sangat penting bagi pelaku usaha pariwisata serta perlu mendapat perhatian khusus.

"Pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi, " katanya.

Menurut Paulus, pelatihan ini dapat memberikan kesempatan bagi pelaku usaha dan jasa yang ada di Kabupaten Mimika, untuk berkompetisi di tingkat daerah sebagai upaya meningkatkan mutu dan pelayanan yang dimiliki.

"Mutu dan pelayanan harus diukur melalui kompetisi sehingga keunggulan potensi wisata benar-benar terlihat," ujarnya.

Dia menjelaskan Kabupaten Mimika memiliki tiga potensi wisata yakni alam, kebudayaan dan buatan manusia yang jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat juga daerah.

"Potensi wisata alam di Mimika ada Taman Nasional Lorentz, Pantai Kampus Biru, Kali Pindah-Pindah, Kali Kyura dan Ipaya, jika dikelola dengan baik akan mendorong perekonomian masyarakat kita," katanya.

Dia menambahkan Kabupaten Mimika juga memiliki potensi wisata kebudayaan karena di daerah ini ada tujuh suku besar yakni dua suku asli Kamoro dan Amungme sedangkan lima suku kekerabatan ada Dani/Kami, Dampal, Mee, Nduga dan Moni.

"Tujuh suku besar ini memiliki kekayaan budaya yang unik, sehingga dapat menjadi potensi pariwisata daerah," ujarnya.

Baca juga: Pesta Adat upaya membangkitkan pariwisata alam di Mimika

Baca juga: Pemkab Mimika imbau masyarakat mempertahankan pangan lokal

Baca juga: Wapres serahkan bansos dan KUR bagi orang asli Papua di Mimika

 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar