Palembang (ANTARA) - Persentase jumlah mahasiswa yang lulus dengan pujian atau 'cumlaude' pada wisuda sarjana Universitas Sriwijaya (Unsri) ke-167 mendekati standar universitas kelas dunia (world class university).

"Jumlah mahasiswa yang diwisuda pada periode Agustus 2023 ini mencapai 2.498 orang dari jumlah itu 51,36 persen atau 1.283 mahasiswa lulus dengan pujian, persentase lulusan itu mendekati standar universitas kelas dunia yang menetapkan persentase lulusan cumlaude 60 persen," kata Rektor Unsri Prof. Anis Saggaff pada wisuda ke-167 sesi kedua di Auditorium Kampus Unsri Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis.

Dia menjelaskan, jumlah lulusan pada wisuda ke 167 mencapai 51,36 persen, lulusan dengan pujian itu merupakan capaian tertinggi sepanjang sejarah Unsri.

Fakultas yang paling banyak menghasilkan lulusan cumlaude pada wisuda ke 167 kali ini seperti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat mencapai 70,2 persen.

Kemudian Fakultas Komputer 56 persen, Fakultas Ekonomi 55 persen, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 54,11 persen.

Fakultas Teknik lulusan cumlaude mencapai 53 persen, Fakultas MIPA 39 persen, dan Fakultas Kedokteran lulusan cumlaude mencapai 34 persen. Sedangkan untuk Program Pascasarjana, lulusan cumlaude mencapai 30 persen, katanya.

Prestasi yang telah dicapai tersebut diharapkan terus meningkat dan pada wisuda periode berikutnya atau paling tidak 2024 bisa dicapai lulusan dengan pujian mencapai 60 persen.

Jika bisa mencapai target yang ditetapkan itu, Unsri yang pada 2023 ini mendapat persetujuan Kemendikbudristek sebagai PTNBH bisa mengikuti kompetisi dunia menjadi universitas berkelas dunia (world class university) serta mengonsepkan proses belajar dengan cepat, tepat dan berijazah (qualified), serta berakhlak mulia, ujar Rektor Anis.

Baca juga: Srikandi BUMN ajak mahasiswa Unsri jadi talenta digital di BUMN

Baca juga: Universitas Sriwijaya Palembang disetujui menjadi PTN-BH

Baca juga: Puan beri kuliah umum wawasan kebangsaan ke mahasiswa Unsri

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023