ASEAN Indo Pacific Forum ini menjadi perbincangan secara geopolitk maupun geoekonomi
Jakarta (ANTARA) - Akademisi sekaligus pakar tata kelola global dari Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Apriwan menjelaskan pentingnya ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) dalam rangkaian agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 untuk membahas berbagai isu-isu strategis.

"ASEAN Indo Pacific Forum ini menjadi perbincangan secara geopolitk maupun geoekonomi," kata Apriwan di Padang, Kamis.

Menurut dia, salah satu isu yang potensial atau menarik untuk dibahas bersama ialah mengenai perkembangan luar biasa yang ditunjukkan China selama beberapa tahun terakhir.

Jika merujuk pada kebijakan luar negeri Indonesia atau cara membangun hubungan internasional, maka Indonesia masih memainkan peran politik yang bebas dan aktif, kata dia.

Buktinya, lanjut dia, dalam agenda internasional tersebut Indonesia mengundang Rusia, Amerika Serikat, China serta negara-negara lainnya.

Baca juga: Pengamat sebut absennya Biden sinyal penurunan kredibilitas ASEAN

Baca juga: Dubes: Kehadiran PM Li Qiang di KTT ASEAN masih dalam pembahasan


"Ini merefleksikan bahwa Indonesia harus bisa memanfaatkan forum ini untuk mencapai kepentingan luar negeri. Baik dari segi politik, keamanan, ekonomi dan sebagainya," ujar dosen mata kuliah Teori Hubungan Internasional Unand tersebut.

Secara umum Apriwan mengatakan kegiatan KTT ASEAN 2023 menjadi momentum penting bagi Indonesia dalam menyampaikan kebijakan luar negeri, maupun kepentingan nasional di forum tersebut.

"Agenda ini akan memberikan keuntungan yang banyak bagi Indonesia dan momen ini harus dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Dirjen Imigrasi: Jurnalis asing harus punya visa untuk liput KTT ASEAN

Untuk diketahui, ASEAN Indo Pacific Forum digelar pada 5 dan 6 September 2023 dan fokus pada penguatan kerja sama sektor yang krusial bagi masa depan ASEAN. Misalnya, infrastruktur hijau, rantai pasok industri strategis dan transformasi digital serta ekonomi kreatif.

Melalui kerja sama konkret dan inklusif ini maka kebiasaan kerja sama dan kepercayaan di kawasan Indo Pasifik diharapkan tetap terjaga. AIPF sendiri merupakan bagian dari rangkaian KTT ASEAN 2023 yang digelar di Jakarta.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023