Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangannya pada gelaran Piala AFF U23 menghadapi tuan rumah Thailand dalam babak semifinal di Stadion Rayong Provincial, Rayong, Kamis malam.

Menjelang pertandingan ini tentu publik sepak bola tanah air berharap skuad asuhan Shin Tae-yong bisa melewati hadangan Thailand dan mencapai partai final.

Meskipun begitu, tentu saja partai menghadapi Thailand tidak akan mudah untuk Ramadhan Sananta beserta kolega, terlebih Timnas Indonesia tidak bisa membawa semua pemain terbaiknya karena berbagai hal.

Thailand lolos ke semifinal berstatus juara Grup A dengan torehan poin sempurna dari tiga pertandingan dengan mengalahkan Kamboja, Myanmar dan Brunei.

Berbeda dengan Thailand, Indonesia harus menantikan hingga pertandingan akhir fase grup untuk memastikan diri lolos ke semifinal usai keluar sebagai peringkat kedua terbaik.

Indonesia tercatat menempati posisi kedua Grup B dengan raihan tiga poin dari dua laga setelah takluk dari Malaysia 1-2 dan menang 1-0 atas Timor Leste.

Ulangi sukses tahun 2019

Skuad Garuda Muda memiliki memori manis ketika berlaga pada gelaran Piala AFF U23 setelah pada edisi tahun 2019 mampu keluar sebagai juara dengan mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di partai final.

Pada pertandingan tersebut kemenangan skuad yang ketika itu dilatih oleh Indra Sjafrie hadir berkat gol Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay.

Selain catatan manis Piala AFF U23 2019, Indonesia memiliki modal bagus lainnya karena pada ajang SEA Games 2023 cabang sepak bola putra, Ramadhan Sananta dan kawan-kawan dapat mengalahkan Thailand pada perebutan medali emas dengan skor 5-2.

Beberapa modal bagus ini diharapkan dapat tambahan energi dan semangat untuk Indonesia mencapai partai final kedua mereka selama gelaran Piala AFF U23.


Komentar masing-masing pelatih

Pelatih Timnas Indonesia U23 Shin Tae-yong pada konferensi pers sebelum pertandingan, Rabu (23/8), mengatakan Thailand memiliki kekuatan yang bagus.

Meski mengakui kekuatan Thailand, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan timnya siap menampilkan kemampuan terbaik agar dapat lolos ke partai final.

"Untuk pertandingan besok, kami bakal melakukan yang terbaik. Kami bakal bermain dengan cara yang sebaik mungkin untuk pertandingan besok," ungkap Shin Tae-yong.

Di sisi lain, pelatih Timnas Thailand U23 Issara Sritaro mengakui Timnas Indonesia U23 memiliki kualitas yang bagus sehingga mereka perlu waspada.

Pelatih berusia 43 tahun tersebut menjelaskan Indonesia bermain dengan kolektifitas yang bagus sehingga mereka tidak bisa hanya menaruh perhatian kepada satu pemain saja.

"Memang setiap pemain Indonesia memiliki kualitas, tetapi kami tidak fokus pada satu orang saja. Untuk semifinal, saya ingin para pemain berada dalam kondisi bagus di mana mereka bisa menunjukkan potensi maksimalnya," tegas Sritaro.


Kekuatan kedua tim

Indonesia diperkirakan pada pertandingan nanti akan kembali mengandalkan penyerang Persis Solo Ramadhan Sananta sebagai pendulang gol.

Diketahui kini pemain berusia 20 tahun tersebut menjadi pencetak gol terbanyak sementara Piala AFF U23 dengan torehan dua gol bersama pemain Kamboja Sor Rotana dan pemain Malaysia Fergus Tierney serta Muhammad Alif Ikalrizal Anuar.

Ketajaman Sananta diharapkan kembali hadir ketika berhadapan dengan Thailand, terlebih ia pernah membobol gawang dari pasukan Gajah Putih ketika berlaga pada partai perebutan medali emas SEA Games 2023.

Ramadhan Sananta nantinya diperkirakan akan ditopang oleh dua pemain sayap yaitu Jeam Kelly Sroyer serta Abdul Rahman.

Selanjutnya lini tengah akan diisi oleh Arkhan Fikri, Robi Darwis dan Beckham Putra. Sedangkan lini belakang akan diisi oleh Frengky Missa, Alfeandra Dewangga, Kadek Arel Priyatna dan Bagas Kaffa serta penjaga gawang Ernando Ari.

Di sisi lain, Thailand diperkirakan akan diisi oleh kekuatan terbaiknya seperti trio lini depan Pattara Soimalai, Chaudit Wanpraphao dan Phodchara Chainarong. Ketiga pemain tersebut sejauh ini masing-masing telah mencetak satu gol.

Lini tengah Thailand diperkirakan akan diisi oleh Thakdanai Jaihan, Kasidit Kalasin serta Natcha Promsomboon. Pada lini belakang Kittichai Yaidee, Songchai Tongcham, Kritsada Nontharat dan Thanison Paibulkijchroen.

Pada posisi penjaga gawang, Thailand di tiga pertandingan sebelumnya menurunkan kiper yang berbeda, namun untuk laga nanti malam diperkirakan pos tersebut akan diisi oleh Thirawooth Sruanson.

Berikut prediksi susunan pemain Indonesia vs Thailand

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Frengky Misa, Alfeandra Dewangga, Kadek Arel Priyatna, Bagas Kaffa; Robi Darwis, Arkhan Fikri, Beckham Putra Nugraha; Abdul Rahman, Ramadhan Sananta, Jean Kelly Sroyer.

Thailand (4-3-3): Thirawooth Sruanson; Kittichai Yaidee, Songchai Tongcham, Kritsada Nontharat, Thanison Paibuklijchroen; Thaknadai Jaihan, Kasidit Kalasin, Narcha Promsomboon; Pattara Soimalai, Chaudit Wanpraphao, Phdocara Chainarong.


Prediksi pertandingan

Pertandingan semifinal nanti diprediksi berjalan sengit dan ketat karena kedua negara memang memiliki sejarah serta rivalitas yang panjang baik di level kelompok umur atau senior.

Indonesia diperkirakan akan kembali mengandalkan sektor sayap dengan kecepatan yang dimiliki Jeam Kelly Sroyer serta Abdul Rahman. Mereka akan didukung oleh dua bek sayap Bagas Kaffa dan Frengky Missa untuk mengirimkan umpan silang-silang ke kotak penalti Thailand.

Jika pada akhirnya skema ini buntu, diharapkan kreativitas Beckham Putra serta Arkhan Fikri serta determinasi Robi Darwis dapat memberikan ancaman untuk lini pertahanan Thailand.

Sementara itu, Thailand akan berusaha untuk memanfaatkan semua peluang yang mereka miliki karena sejauh ini semua pemain skuad Gajah Putih memiliki kemampuan untuk memberikan ancaman.

Tercatat dari delapan gol yang telah ditorehkan Thailand sejauh ini, enam di antaranya lahir dari pemain yang berbeda, sedangkan dua gol lainnya didapatkan dari gol bunuh diri pemain Kamboja.

Kengototan dan intensitas tinggi yang nantinya akan diperagakan oleh kedua tim membuat adanya kemungkinan laga akan dilanjutkan ke babak tambahan atau bahkan hingga adu penalti.


Baca juga: Pengamat apresiasi timnas Indonesia bisa lolos ke semifinal
Baca juga: Pengamat: Thailand belum sepenuhnya menunjukkan kekuatan mereka
Baca juga: STY: Saya mempunyai filosofi sepak bola fairplay
Baca juga: Indonesia dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF U23

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023