Dengan adanya sekolah internasional di Surabaya, maka akan menarik orang dari luar Surabaya. Sehingga menaikkan kualitas pendidikan di Surabaya pada akhirnya
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan optimistis keberadaan sekolah bertaraf internasional turut mempengaruhi kualitas pendidikan di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

"Dengan adanya sekolah internasional di Surabaya, maka akan menarik orang dari luar Surabaya. Sehingga menaikkan kualitas pendidikan di Surabaya pada akhirnya," kata Wali Kota Eri saat menghadiri Grand Launching Sampoerna Academy di Jalan Grand Pakuwon, Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Kamis.

Wali Kota Eri berharap, keberadaan Sampoerna Academy juga mampu meningkatkan kualitas pendidikan Kota Pahlawan. Meski demikian, ia menyebut, ada banyak pilihan sekolah internasional yang berdiri di Kota Surabaya.

"Jadi sekolah internasional di Surabaya ada banyak pilihannya, sehingga tidak (perlu) ke luar Surabaya," ujar Cak Eri panggilan akrabnya.

Baca juga: SPK Indonesia: Sekolah internasional terapkan profil Pelajar Pancasila

Dalam acara grand launching tersebut, Cak Eri juga sempat berkeliling untuk meninjau langsung sejumlah fasilitas, laboratorium hingga ruang kelas yang terdapat di Sampoerna Academy. Ia menilai jika penataan ruang kelas tersebut sangat luar biasa karena saling terhubung.

"Sangat luar biasa di Sampoerna Academy ini. Jadi tertata rapi betul, bagaimana setiap playground, setiap ruangan itu ter-connect. Jadi anak-anak kalau ingin ke toilet, tidak perlu ke luar dari ruangan," ujarnya.

Selain itu, Cak Eri juga mengaku senang ketika Sampoerna Academy juga menyediakan tenaga pendidik, khusus menggunakan bahasa inggris. Karenanya, pada hari tertentu, peserta didik Sampoerna Academy menerima pelajaran dari guru mereka menggunakan bahasa inggris.

Baca juga: Pacu daya saing, Poltekkes Kemenkes lengkapi kelas internasional

"Tapi memang cara mengajarnya menggunakan Bahasa Inggris di hari-hari tertentu. Jadi misal hari ini bahasa indonesia dan besok bahasa inggris, dan itu wajib," ucapnya.

"Ternyata itu sangat luar biasa, dan ini mungkin bisa kita terapkan meskipun kita (sekolah negeri) bukan internasional, tapi kita bisa menerapkan seperti itu di hari-hari tertentu," kata Cak Eri menambahkan.

Oleh sebabnya, Wali Kota Eri juga berharap besar kehadiran Sampoerna Academy mampu menghasilkan pelajar-pelajar berprestasi yang dapat mewakili Indonesia dan khususnya Surabaya di ajang olimpiade internasional.

"Semoga dengan Sampoerna Academy, ketika ada olimpiade-olimpiade maka bisa ditunjang penuh dari Sampoerna Academy mulai dari tingkat SMP maupun SMA-nya. Sehingga kita (Surabaya) tetap menjadi sekolah yang terbaik, menjadi wilayah yang terbaik," ujarnya.

Baca juga: Bina Karya: Sekolah bertaraf internasional akan dibangun di IKN

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023