Di sini masyarakat membutuhkan BBM untuk kendaraan mengangkut hasil bumi, di sini juga pengguna jalan nasional
Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, menyebutkan kehadiran BBM satu harga di kabupaten tersebut memberikan dampak baik yakni meningkatkan perekonomian dan pertahanan keamanan daerah.
 
"Hadirnya penyaluran BBM satu harga di Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan efektif mengakselerasi perekonomian daerah, bahkan lebih dari itu juga soal pertahanan dan keamanan daerah (meningkat dengan kehadiran BBM satu harga)," kata Sekda Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni Dunip di Bengkulu Selatan, Kamis.
 
Dia mengatakan SPBU BBM satu harga itu direalisasikan Pertamina di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu yang berbatasan dengan daerah Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan.
 
Selama ini, kata dia masyarakat setempat harus jauh-jauh datang ke Ibu Kota Kabupaten Bengkulu Selatan, Manna untuk mengakses SPBU. Jaraknya lumayan jauh sehingga membutuhkan waktu dan biaya lebih, sama juga kalau masyarakat harus ke SPBU Pertamina yang ada di Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan.
 
"Di sini masyarakat membutuhkan BBM untuk kendaraan mengangkut hasil bumi, di sini juga pengguna jalan nasional. Nah jarak antara Kota Manna ke sini (Ulu Manna) jauh, mau akses sampai ke Sumsel di Pagaralam itu cukup jauh," ucapnya.
 
Masyarakat di Ulu Manna selama ini bergantung dengan orang-orang yang bukan penyalur resmi, yang mengecer BBM agar tidak harus jauh-jauh ke Manna atau Pagaralam. Tentu, harga per liter yang harus dibayar masyarakat jauh lebih mahal dari harga yang sebenarnya di SPBU resmi Pertamina.
 
Oleh sebab itu, keberadaan SPBU BBM satu harga di Ulu Manna tentu akan memberikan kesempatan masyarakat mendapatkan BBM dengan harga yang sesungguhnya, lebih murah dibandingkan selama ini mengandalkan mengisi ke para pengecer.
 
"Mereka langsung bisa mengakses ini dengan harga yang standar nasional tidak ada tambahan-tambahan biaya lagi. Tentu perekonomian masyarakat akan cepat meningkat, daerah sekitar SPBU nantinya akan berkembang dan banyak usaha yang tumbuh," ujarnya.
 
Warga Desa Talang Tinggi, Bengkulu Selatan Sadren mengatakan, masyarakat khususnya petani di wilayah tersebut sangat terbantu dengan adanya SPBU BBM satu harga di daerah itu.
 
"Kami masyarakat di desa Talang Tinggi sangat terbantu, kini tidak perlu lagi menempuh jarak 30 kilometer untuk membeli BBM dengan harga yang sama dengan di kota," kata dia.
 
Pemilik SPBU BBM satu harga mitra Pertamina, SPBU 2638516, Elisa Ermasari berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dalam menyalurkan BBM satu harga.
 
"Dengan hadirnya BBM satu harga di sini, harapannya bisa melayani masyarakat dengan baik untuk masyarakat di sekitar Ulu Manna ini," ujarnya.

Baca juga: BPH Migas-Pertamina resmikan BBM satu harga di Pulau Sumba NTT
Baca juga: Pertamina meresmikan penyaluran BBM satu harga daerah 3T di Bengkulu

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023