Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggandeng Sari Ater untuk membangun sentra olahraga (sport center) sebagai sentra pembinaan atlet sekaligus mengembangkan sport industry dan sport tourism.

Dilansir dari keterangan resmi, Kamis, nota kesepahaman kerja sama pengembangan industri olahraga dan pariwisata olahraga antara kedua pihak telah ditandatangani Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dan Direktur Sari Ater Supriyanto di lapangan Enjoy Sport Sari Ater (ESSA) Gateball Wonderland, Subang.

"Lahan Sari Ater tentunya harus segera kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk melahirkan atlet-atlet yang membawa harum nama bangsa dan negara. Dengan master plan yang baik, kita bisa bermimpi bahwa suatu hari nanti, ini akan terbangun dan pasti akan lahir juara-juara dunia yang berlatih di sini," kata Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

Marciano Norman mengharapkan sport center tersebut juga dilengkapi fasilitas untuk atlet, mulai penginapan, sarana pendukung hingga arena pertandingan yang dapat dimanfaatkan menggelar pertunjukan olahraga guna mendorong pengembangan industri olahraga dan pariwisata olahraga, selain unsur pembinaan.

Sentra olahraga tersebut direncanakan menjadi pemusatan latihan beberapa cabang olahraga untuk memudahkan proses pemantauan dan evaluasi para atlet.

Selain itu, lokasi sentra olahraga yang berada di daerah pegunungan juga akan memberikan keuntungan bagi atlet berlatih, salah satunya sumber air panas yang dimiliki Sari Ater yang dapat digunakan untuk pemulihan.

"Ini bisa menjadi tempat latihan apapun cabang olahraganya. Ini mimpi saya. Kebetulan di sini ada sarana, mudah-mudahan kita bisa berkolaborasi saling mendukung, dan hasil akhirnya adalah sesuatu yang positif dan optimal untuk atlet-atlet Indonesia ke depannya," kata Direktur Utama Sari Ater Metty Indriaty.

Baca juga: KONI Pusat dukung PP PBVSI antar timnas voli ke Olimpiade 2032
Baca juga: KONI tunjuk Bogor dan Bekasi jadi tuan rumah Pekan Olahraga Bela Diri

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023