Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong menilai kondisi dan mental tim yang bagus menjadi kunci tim asuhannya mengalahkan Thailand pada pertandingan semifinal Piala AFF U-23, Kamis malam.

Pasukan Garuda Muda mengamankan tiket final Piala AFF U-23 2023, setelah menaklukkan tim tuan rumah dengan skor 3-1 di Stadion Provinsi Rayong. Pada partai puncak, timnas U-23 akan berhadapan dengan raksasa Asia Tenggara lainnya, Vietnam.

"Sebenarnya kami hanya memiliki persiapan yang singkat sebelum datang ke Thailand, dan kami juga memiliki periode pemusatan latihan yang pendek. Maka hal yang paling penting dalam sepak bola adalah kondisi tim dan mental tim. Maka kami melakukan kerja sama tim dengan baik, mungkin itulah alasan mengapa kami bisa tampil bagus di fase ini," kata Pelatih Shin pada konferensi pers seusai pertandingan seperti dikutip dari rekaman audio yang diterima pewarta, Jumat.

Baca juga: Indonesia melaju ke final Piala AFF U-23 setelah tundukkan Thailand

Menghadapi Vietnam yang kerap menjadi batu sandungan bagi timnas, Pelatih Shin menjanjikan bahwa pertandingan final akan berlangsung seru.

"Keempat tim yang lolos ke semifinal adalah tim-tim Asia Tenggara yang bagus, maka kami dapat mengharapkan pertandingan yang bagus di final," yakin pelatih asal Korea Selatan itu.

Nama bek Bagas Kaffa sempat mengisi daftar susunan pemain, namun ia kemudian diketahui mengalami cedera saat melakukan pemanasan, dan pada pertandingan kontra Thailand, posisinya diisi oleh Robi Darwis.

Pelatih Shin tidak membeberkan jenis cedera yang diderita pemain Barito Putera itu. Namun ia yakin Bagas tidak bisa dimainkan pada pertandingan final.

Baca juga: Indonesia ke Final Piala AFF U-23, Erick Thohir: Alhamdulillah...

Sementara itu, perwakilan pemain pada konferensi pers yakni Muhammad Ferarri menumbuhkan nuansa optimistis menjelang pertandingan kontra Vietnam.

Ia berkaca pada pertemuan terakhir melawan Vietnam di SEA Games 2023, ketika timnas Indonesia U-22 kala itu mampu menang 3-2 atas lawan yang sama.

"Kami hanya fokus pada tim, tidak fokus pada lawannya. Kami banyak pengalaman juga ketemu Vietnam, dan pada pertandingan terakhir kami menang di SEA Games. Kami yakin pertandingan besok bisa menang. Insyaallah," ucap pemain Persija Jakarta itu.

Pertandingan final Piala AFF U-23 antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung pada Sabtu (26/8) di Stadion Provinsi Rayong, Thailand.

Baca juga: Preview laga semifinal Piala AFF U23 Indonesia vs Thailand
Baca juga: Vietnam melaju ke final Piala AFF U-23 usai kalahkan Malaysia 4-1

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023