... harus menghasilkan tiga poin kesepakatan yang kami sebut Three Plus... "
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mengincar tiga kesepakatan dalam perundingan Konferensi Kesembilan Tingkat Menteri (MC9) yang akan dilaksanakan di Bali pada akhir 2013.

"Perundingan dengan 159 negara pada MC9 tersebut, harus menghasilkan tiga poin kesepakatan yang kami sebut Three Plus," kata Wakil Manteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, poin pertama yang ingin diraih terkait kesepakatan perdagangan untuk produk-produk pertanian, yang akan dibawakan oleh negara-negara yang memiliki penduduk besar.

"Poin ini artinya, membutuhkan banyak produsen dan pengekspor pangan, namun intinya adalah perundingan di bidang pertanian," ujar dia.

Kedua, lanjut dia, fasilitas perdagangan merupakan agenda dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa.

"Fasilitas perdagangan tersebut antara lain memastikan bagaimana arus barang bisa berjalan dengan lancar dengan bahasan mengenai regulasi, pelabuhan, bea cukai dan lain-lain," ucapnya.

Dia mengatakan, untuk poin ketiga adalah perdagangan yang lebih peduli pada "Least Developed Countries" atau negara-negara yang kurang berkembang (LDCs).

"Untuk poin ketiga ini, apa saja yang bisa diberikan bagi LDCs untuk memungkinkan perdagangan yang bisa diterima di pasar lebih berkembang yang tentunya memiliki perekonomian yang lebih pesat," kata dia.

Sementara untuk "plus", lanjut dia, lebih bersifat umum yakni terkait dengan daya saing ekspor, namun substansinya tidak sekental tiga poin yang lain.

Indonesia sendiri memiliki tiga agenda internasional pada 2013, antara lain APEC Meeting of Ministers Responsible for Trade (MRT), KTT APEC, dan MC9 yang diharapkan melalui kegiatan tersebut mampu mendorong pencapaian tiga poin kesepakatan tersebut.

(V003/C004)

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013