Latar belakang menyelenggarakan kegiatan ASEAN Car Free Day untuk mempromosikan agar masyarakat hidup sehat melalui aktivitas fisik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menggelar promosi kesehatan melalui kegiatan ASEAN Car Free Day 2023 yang bergulir pada 27 Agustus 2023 di sekitar Bundaran HI Jakarta Pusat.

Plt Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes Nida Rohmawati dalam konferensi pers virtual terkait persiapan kegiatan di Jakarta, Jumat, mengatakan kegiatan itu dilatarbelakangi peningkatan kasus penyakit tidak menular.

"Latar belakang menyelenggarakan kegiatan ASEAN Car Free Day untuk mempromosikan agar masyarakat hidup sehat melalui aktivitas fisik," ujarnya.

Baca juga: Imbauan Kemenkes untuk cegah penyakit tidak menular lewat CERDIK

Kemenkes melaporkan saat ini terjadi pergeseran pola penyakit dari yang menular ke penyakit tidak menular dalam satu dekade terakhir di Indonesia.

"Saat ini ada pergeseran jenis penyakit dari 2009-2019 dari penyakit menular menjadi penyakit yang tidak menular yang menyebabkan kematian," katanya.

Penyakit yang dimaksud adalah stroke, kardiovaskular, diabetes, hepar, paru, hipertensi, dan kanker.

"Perilaku dan lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat Indonesia dibandingkan dengan faktor genetik dan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Kemenkes: Hipertensi duduki lima besar beban penyakit di dunia

Nida mengatakan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 mencatat prevalensi penyakit tidak menular sekitar 33,5 persen karena penduduk Indonesia kurang aktivitas fisik.

"Jadi masyarakat Indonesia ini tidak menyadari pentingnya aktivitas fisik, minum air putih, bahaya rokok, dan juga kurang konsumsi buah dan sayur," katanya.

Menurut Nida, perilaku masyarakat yang kurang gerak berimplikasi pada peningkatan prevalensi obesitas dan berat badan berlebih.

Kegiatan ASEAN Car Free Day 2023 digelar di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, tepatnya samping Hotel Mandarin di depan Bundaran HI.

Kemudian dilakukan flag off funwalk pukul 06.20 WIB mulai dari titik start di Jalan Imam Bonjol menuju Sarinah, kemudian putar balik kembali ke Imam Bonjol melingkari Bundaran HI.

Baca juga: Hari Bebas Kendaraan Indonesia diikuti negara-negara ASEAN

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023