Bone Bolango (ANTARA) - Sebanyak 100 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari berbagai wilayah se-Provinsi Gorontalo meramaikan Festival Produk Milenial Danau Perintis di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel pada pembukaan kegiatan itu, di Bone Bolango, Jumat, mengatakan ingin mengembangkan pariwisata dan UMKM melalui Festival Produk Milenial Danau Perintis.

"Danau Perintis ini danau yang sangat indah yang kalau kita kemas menjadi salah satu tujuan wisata bagi orang luar daerah dan bisa menumbuhkan UMKM," ucap dia.

Peserta pada festival yang telah dua kali digelar sejak 2022 itu, pelaku UMKM olahan pangan, kerajinan tangan, sayuran organik, dan pendukung pariwisata.

Terkait dengan peserta UMKM, pihaknya bekerja sama dengan binaan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo.

"Saya berharap binaan ini kita promosikan terus, karena produk-produknya sudah cukup bagus yang bisa ditingkatkan dari produk lokal ke nasional dan akhirnya jadi produk global," ujar dia.

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha menyebut Festival Produk Milenial Danau Perintis dapat mengakselerasi industri pendukung pariwisata sekaligus meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat.

Ia mengatakan kegiatan yang gelar bersama DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango itu dimulai pada 25 hingga 27 Agustus.

"Ini merupakan salah satu upaya dalam mensukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI)dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI)," ucap dia.

Dia mengharapkan kegiatan yang digelar di objek wisata Danau Perintis di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango itu dapat memberikan berbagai hasil positif bagi daerah, di antaranya sebagai ajang promosi objek wisata Gorontalo, sarana peningkatan aktivitas perekonomian warga.

Selain itu, promosi sajian kuliner dan produk khas Gorontalo lainnya kepada pembeli potensial untuk pasar domestik maupun internasional, serta akselerasi peningkatan transaksi digital.
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel memberikan sambutan pada pembukaan Festival Produk Milenial Danau Perintis di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (25/8/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023