Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel berharap Danau Perintis di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, menjadi kawasan wisata keluarga yang ramai dikunjungi, seiring dengan penataan kembali dan kehadiran kapal tembaga.

"Kehadiran kapal tembaga ini baru 30 persen dari penataan Danau Perintis. Semoga kawasan ini bisa menjadi kawasan wisata keluarga yang nyaman dan menghibur masyarakat," kata Rachmat Gobel dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sebagai wakil rakyat dari Gorontalo, Gobel mengaku ingin memajukan provinsi itu dengan menghidupkan pariwisata untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat, disamping memberdayakan UMKM, membangun pertanian dan perikanan, membangun SDM, menjadikan Pelabuhan Anggrek sebagai pelabuhan internasional, serta membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangan agar Gorontalo menjadi lumbung pangan bagi kawasan timur Indonesia.

Baca juga: 100 pelaku UMKM ramaikan Festival Produk Milenial Danau Perintis

Ia mengatakan sejak dibenahi lima bulan lalu, Danau Perintis kini menjadi ramai. Apalagi, danau yang dibangun almarhum Nani Wartabone, Proklamator Kemerdekaan Indonesia di Gorontalo itu, kini ditambah wahana baru, yaitu kapal tembaga senilai Rp3 miliar dari kocek pribadi Rachmat Gobel untuk mendukung kawasan wisata itu. Kapal tersebut dibuat di Yogyakarta dengan panjang delapan meter.

Menurut Gobel, pembenahan Danau Perintis terinspirasi situasi danau di Swiss, keindahan Selat Bosporus, kapal VOC di Amsterdam, dan permainan lampu di Uzbekistan.

"Perkenalan wahana baru kapal ini sengaja dilakukan pada 23 Januari, karena pada tanggal tersebut, pada tahun 1942, rakyat Gorontalo menyatakan proklamasi kemerdekaan yang dilakukan Nani Wartabone," katanya.

Pada perkenalan kapal tersebut, hadir anggota DPD RI yang juga mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad dan Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli, serta sekitar 1.000 masyarakat Gorontalo.

"Danau Perintis ini didesain untuk menjadi tempat wisata keluarga. Ini tempat yang nyaman untuk healing, karena lokasinya relatif sejuk, hijau, dan segar,” kata Rachmat Gobel yang juga mantan Menteri Perdagangan pada era kepemimpinan Presiden Jokowi periode pertama.

Ia berharap bisa terus menata kawasan tersebut dengan beragam wahana dan lanskap yang utuh, termasuk membangun kedai-kedai UMKM dengan desain ikonik.

Baca juga: Gobel revitalisasi Danau Perintis Bone Bolango

Baca juga: Fazzio Youth Project promosikan pariwisata Gorontalo


Hingga kini Gobel masih belum memberikan nama pada kapal tersebut. “Saya mengundang partisipasi masyarakat Gorontalo dengan melombakan nama kapal ini. Silakan diusulkan,” ujarnya.

Selain Danau Perintis, Gobel juga membenahi spot pariwisata Gorontalo, seperti Pantai Tamendao, perkampungan Suku Bajo Torosiaje, Menara Limboto, Pantai Bolihutuo, serta menggelar sejumlah festival.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024