Beijing (ANTARA) - Kantor Pusat Pengendalian Banjir dan Bantuan Kekeringan Negara China dan Kementerian Manajemen Darurat China menggelar konferensi video pada Sabtu (26/8), menyerukan langkah-langkah pencegahan terhadap banjir dan Topan Saola di daerah-daerah terkait.

Dari Sabtu hingga Senin (28/8), hujan lebat diperkirakan akan melanda beberapa bagian di Sichuan, Chongqing, Guizhou, Shaanxi, Shanxi, Henan, Hubei, Jiangsu, Anhui, Shandong, Hunan, dan Guangxi, ungkap departemen meteorologi China.

Hujan badai kemungkinan membawa risiko aliran air deras dari gunung, bencana geologi, dan banjir di beberapa sungai skala kecil dan menengah di daerah-daerah yang terdampak, menurut konferensi tersebut, seraya menambahkan bahwa ada sejumlah ketidakpastian dalam arah pergerakan Saola, yang merupakan topan kesembilan tahun ini.

Mereka mendesak daerah-daerah di pesisir timur dan selatan negara tersebut untuk memantau Topan Saola dengan cermat serta melakukan evakuasi jika diperlukan.

Gansu, Xinjiang, dan Mongolia Dalam harus secara aktif mengatasi kekeringan dan memastikan ketersediaan air minum bagi penduduk.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023