Bone Bolango (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meluncurkan program kampung bebas narkoba dan minuman beralkohol tersebar di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Angesta Romano Yoyol di Kabupaten Bone Bolango, Senin mengatakan pembentukan kampung bebas narkoba dan minuman beralkohol merupakan upaya Polri dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, meningkatkan kesadaran masyarakat, serta membentuk lingkungan yang lebih aman dan sehat.

"Tujuan utama dari program ini, untuk menciptakan lingkungan aman dan sehat, bersih dari narkoba dan minuman beralkohol, agar Gorontalo menjadi lebih kondusif," ucap Kapolda.

Peluncuran kampung bebas narkoba dan minuman beralkohol tersebut digelar secara terpusat di Mako Polres Bone Bolango, dan diikuti oleh 49 Polsek jajaran secara daring.

"Seremoni acara peluncuran kita pusatkan di sini, kemudian Polsek-Polsek yang dipilih, mengikuti secara daring," ujar dia.

Kampung bebas narkoba dan minuman beralkohol tersebar di 49 desa dan kelurahan yang ada di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo. Hal itu menurut Kapolda membuktikan bahwa komitmen Polri dalam memberantas peredaran narkoba dan minuman beralkohol semakin ditingkatkan.

"Di lokasi tersebut para anggota Polri akan berdampingan dengan aparat TNI, pemerintah desa dan kelurahan, serta unsur terkait lainnya," kata dia.

Adapun rincian dari 49 titik pembentukan kampung bebas narkoba dan minuman keras itu, diantaranya Polresta Gorontalo Kota enam lokasi, Polres Gorontalo 12 lokasi, Polres Boalemo tujuh lokasi, Polres Pohuwato delapan lokasi, Polres Gorontalo Utara enam lokasi, dan Polres Bone Bolango 10 lokasi.

"Ini juga bisa menjadi contoh untuk wilayah lain di Provinsi Gorontalo, agar ke depannya daerah kita bebas dari peredaran gelap narkoba maupun minuman beralkohol," harap Kapolda.

Peluncuran kampung bebas narkoba dan minuman beralkohol digelar bersamaan dengan pemusnahan puluhan ribu botol minuman beralkohol hasil sitaan seluruh jajaran Polres dan Polsek se Provinsi Gorontalo.

"Hari ini kita juga memusnahkan 18.432 ribu liter minuman beralkohol jenis cap tikus dan 22.204 botol minuman beralkohol berbagai merek," ia menambahkan.
Baca juga: Polres Kupang bentuk kelurahan bebas narkoba pertama
Baca juga: DKI-BNN gelar lomba kampung bebas narkoba

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023