Kami melakukan bakti sosial selama dua hari untuk membantu masyarakat di Kepulauan Sitaro mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis dan memberikan bantuan pangan
Manado (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) melakukan bakti sosial guna meningkatkan kualitas kesehatan warga Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami melakukan bakti sosial selama dua hari untuk membantu masyarakat di Kepulauan Sitaro mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis dan memberikan bantuan pangan," kata Danlatamal VIII Manado melalui Danlanal Tahuna, Kolonel Laut (P) Mohammad Bayu, di Sitaro, Senin.

Dia mengatakan pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan bakti sosial yang berlangsung mulai Senin (28/8) dan Selasa (29/8) 2023.

Kegiatan tersebut diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di Pelabuhan Pehe, Kecamatan Siau Barat.

Menurut Mohammad Bayu selain peningkatan kualitas kesehatan juga mengedepankan nilai-nilai kebersihan lingkungan, pemberdayaan sosial, dan pelestarian budaya lokal serta industri kecil menengah.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya TNI AL, tidak hanya mencerminkan semangat gotong royong, tetapi juga menjelaskan komitmen bersama untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati mengapresiasi Danlantamal VIII dan Danlanal Tahuna yang telah menggelar kegiatan karya bakti sosial dan kesehatan ini dan memilih Kabupaten Kepulauan Sitaro yaitu Pulau Siau, Pulau Tagulandang dan Pulau Biaro sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan.

"Pemerintah dan masyarakat sangat terbantu dengan perhatian TNI-AL," kata bupati.

Hal ini, katanya, membawa dampak positif yang sangat besar karena langsung menyentuh masyarakat. Ini adalah contoh nyata dari semangat gotong-royong dan kepedulian terhadap sesama.

Adapun Karya Bakti Sosial dan Kesehatan ini meliputi pelayanan kesehatan gratis yang dipusatkan di Puskesmas Ulu Siau pada tanggal 28 Agustus 2023 dan penyaluran bantuan kepada masyarakat di Halaman Kantor Resort GMIST Siau Timur. Kemudian kegiatan dilanjutkan pada tanggal 29 Agustus 2023 di Pulau Tagulandang dan Pulau Biaro, demikian Evangelian Sasingen.
​​​​​​​
Baca juga: Wakasal tinjau lokasi pembangunan Pangkalan TNI AL di Sangihe

Baca juga: PLN-TNI AL membersihkan laut dari sampah plastik di Sulut

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi di Pantai Kinunang Likupang Sulut

Baca juga: Masjid Al Jabbar Yonmarhanlan Bitung diresmikan Danlantamal VIII


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023