Sedikitnya ada 600 pelaku UMKM yang berjualan di stan-stan area Stadion Pakansari, Cibinong, yang telah disediakan oleh panitia
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Panitia Bogor Fest 2023 menyebutkan bahwa perputaran uang dalam acara yang digelar pada 24-27 Agustus 2023 mencapai sekitar Rp7,4 miliar.

Ketua Panitia Bogor Fest 2023 Didi Kurnia di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, menyebutkan angka tersebut merupakan nilai seluruh transaksi yang tercatat selama kegiatan Bogor Fest 2023 berlangsung.

Sedikitnya ada 600 pelaku UMKM yang berjualan di stan-stan area Stadion Pakansari, Cibinong, yang telah disediakan oleh Panitia Bogor Fest.

Produk-produk yang dipasarkan yakni makanan dan minuman olahan, kerajinan tangan, hasil pertanian, pakaian dan lain-lain.

Didi menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu mendapat sambutan positif dari masyarakat. Data pengunjung yang tercatat melalui barcode ada sebanyak 117.784 orang.

Baca juga: Pemkab pamerkan rumah tahan gempa pada Bogor Fest di Stadion Pakansari

Baca juga: Pemkab Bogor kembali gelar "Bogor Fest" pada 24-27 Agustus


"Namun jika ditambah dengan pengunjung konvensional terutama di malam hari karena membludak, sehingga banyak yang masuk melalui pintu-pintu yang lain dan langsung ke lapangan menuju hiburan. Prediksi total pengunjung selama empat hari sekitar 200 ribu pengunjung," ungkap Didi.

Di samping itu, dalam Bogor Fest 2023, Pemerintah Kabupaten Bogor juga memberikan layanan kepada sekitar 10 ribu warga pada Public Service Fest dan melayani 4.527 pelamar kerja melalui Job Fest.

"Terima kasih yang seluas-luasnya atas dukungan dan dorongan dari semua pihak termasuk masyarakat. Sehingga perjalanan kegiatan Bogor Fest 2023 dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana di Bogor, Minggu (27/8)  menyebutkan bahwa kegiatan yang dihadiri oleh ribuan orang itu layak disebut sebagai "lebarannya" pelaku UMKM.

"Stan-stan kita peruntukkan bagi UMKM untuk berjualan, dengan banyaknya masyarakat berbondong-bondong datang ke Bogor Fest produk mereka akan dikenal dan omzet juga  meningkat," ujarnya.

Baca juga: Taman Safari Bogor umumkan perubahan rute "Safari Journey"

Baca juga: Pemkab Bogor proses klaim asuransi 7 hektare sawah gagal panen

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023